Memahami Pemetaan Rohani

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 81-83
Roma 11:19-36

RHEMA HARI INI

Amsal 24:6a Karena hanya dengan perencanaan engkau dapat berperang,

Atletico Madrid harus berjumpa dengan sang juara bertahan Liverpool pada Leg pertama 16 besar sepak bola Liga Champions Eropa. Saat itu Liverpool sudah melewati 26 pertandingan tanpa kalah di Liga Inggris, sedangkan Atletico hanya menang satu kali dalam tujuh laga terakhirnya. Melihat statistik itu, tak heran banyak yang menjagokan Liverpool. Namun pertandingan malah dimenangkan Atletico. Keberhasilan Atletico ini tak lepas dari kedisiplinan para pemain yang menerapkan skema permainan 4-4-2. Diego Simeone, manajer Atletico, telah mempelajari video pertandingan Liverpool saat dikalahkan Napoli dengan skema tersebut. Selain mampu meredam serangan bertubi Liverpool, skema ini sanggup membuka ruang untuk menyusun serangan balik yang efektif.

Dalam Amsal 24, penulis Amsal menceritakan bagaimana pentingnya perencanaan yang timbul dari hikmat. Dengan hikmat, kita mampu merencanakan dan merancang tangga kesuksesan. Dengan perencanaan, kita bisa membuat pemetaan untuk mengatasi setiap pergumulan dan menang atas semua persoalan. Seperti kisah di atas, dengan perencanaan dan pemetaan yang matang, Atletico akhirnya sanggup mengalahkan Liverpool yang sebetulnya lebih diunggulkan.

Sama halnya ketika saat ini Tuhan memberikan mandat kepada kita untuk mengambil alih kota demi kota, kita perlu memahami pemetaan rohani kota-kota tersebut. Karena itu sangat penting untuk mengembangkan kepekaan roh, supaya bisa merasakan apa yang terjadi dalam dimensi roh. Kepekaan roh ini hanya bisa kita bangun bila kita terhubung dengan Roh Kudus. Roh Kuduslah yang bisa menunjukkan pemetaan peperangan yang kita hadapi. Dia akan memberi hikmat untuk bisa melihat apa yang tadinya tidak bisa kita lihat dengan mata jasmani kita. Dengan hikmat Tuhan, kita bisa melihat kesempatan yang terbuka, dan bagaimana kita harus bertindak, bahkan kita bisa menyadari sisi mana dari kita yang digunakan Iblis untuk melemahkan kita. Kalau kita sudah bisa melihat pemetaan rohani, maka kita akan tahu apa yang harus kita lakukan untuk memenangkan setiap peperangan yang kita hadapi .

RENUNGAN

MEMAHAMI PEMETAAN ROHANI adalah LANGKAH PENTING sebelum maju dalam PEPERANGAN ROH.

APLIKASI
1.  Apakah yang dimaksud dengan pemetaan rohani?
2.  Mengapa Anda harus memahami pemetaan rohani sebelum mengambil tindakan?
3. Bagaimana Anda bisa memahami pemetaan rohani dalam tantangan yang Anda hadapi?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, terima kasih atas pembukaan yang Engkau berikan. Engkau tahu bahwa kami hanyalah manusia yang terbatas dan banyak hal yang tidak bisa kami pahami. Berikan kami hikmat, agar kami dapat memahami pemetaan rohani dalam setiap tantangan yang kami hadapi. Biarlah setiap langkah yang kami ambil menjadi langkah kemenangan untuk merebut jiwa-jiwa bagi-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”