SUMBER PENJAGAAN ILAHI NYATA MELALUI KUASA-NYA [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yesaya 37-38
Kolose 3

BACAAN HARI INI
Mazmur 91:1-16

RHEMA HARI INI
Mazmur 91:5-6 Engkau tak usah takut terhadap kedahsyatan malam, terhadap panah yang terbang di waktu siang, terhadap penyakit sampar yang berjalan di dalam gelap, terhadap penyakit menular yang mengamuk di waktu petang.

Daniel hidup di zaman ketika Israel mengalami masa sukar, yaitu pembuangan di Babel. Namun karena ia orang yang sangat penuh dengan Roh Allah dan berhikmat, ia termasuk dalam salah satu orang bijak yang terpilih untuk bekerja di istana Babel. Yang menarik adalah, selama Daniel di istana, ia memutuskan untuk tidak makan makanan yang disantap raja dan tidak minum anggur, walaupun ia memiliki hak untuk itu. Daniel jauh lebih memilih untuk mengonsumsi sayur dan air. Luar biasanya, ia tidak terlihat lebih buruk kondisinya dibandingkan dengan mereka yang makan santapan raja. Seperti ada kesehatan ilahi yang melingkupinya, Daniel terlihat lebih gemuk dan punya perawakan yang lebih baik daripada yang lainnya. Alkitab pun mencatat, tiga kali sehari Daniel berdoa menyembah Tuhan. Karena itulah, ada tangan Tuhan yang menjagai dan roh Tuhan benar-benar berkuasa sampai termanifestasi pada tubuhnya.

Roh Tuhan yang mem-backup Daniel adalah Tuhan yang sama dengan Tuhan yang kita sembah saat ini. Jika di masa itu kuasa Tuhan bisa bermanifestasi memberikan kesehatan ilahi kepada Daniel, tentu Tuhan yang sama juga bisa mengaruniakan kuasa-Nya untuk melimpahi kita dengan kesehatan ilahi yang sama. Yang membedakan adalah apakah kita sudah melakukan bagian kita sebaik-baiknya untuk menjaga kesehatan kita sehingga Roh Tuhan bisa bekerja secara maksimal dalam diri kita?

Khususnya di masa pandemi ini. Jika kita ingin kesehatan ilahi terus melindungi kita, pastikan untuk terus bangun manusia roh kita. ITU YANG UTAMA. Lakukanlah apa yang harus kita lakukan semaksimal mungkin. Jika Daniel menjaga tubuhnya dengan tidak mencemarinya dengan santapan raja, maka yang bisa kita lakukan adalah mentaati setiap petunjuk yang ada dan perkuat daya tahan tubuh kita. Isilah tubuh, jiwa, dan roh dengan hal-hal yang baik serta benar. Maka perlindungan Tuhan akan semakin nyata atas kita. Kesehatan ilahi, bahkan kemenangan atas masa-masa ini pasti akan menyertai kita. Haleluya!

RENUNGAN
Sakit-penyakit boleh coba datang menyerang kita, tetapi PENJAGAAN ILAHI dan mekanisme DAYA TAHAN TUBUH ILAHI mengalir dalam hidup kita.

APLIKASI
1. Apakah yang sudah Anda lakukan supaya penjagaan ilahi dalam hal kesehatan nyata dalam hidup Anda?
2. Menurut Anda, apa hubungan antara kuasa Tuhan dengan kesehatan yang Anda miliki?
3. Apa komitmen Anda untuk terus meningkatkan kesehatan Anda baik secara tubuh, jiwa, dan roh? Tuliskan!

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, terima kasih karena bagi kami, Engkau adalah Tuhan Sumber Perlindungan. Engkau lebih besar dari segala apa pun yang sanggup menyerang kesehatan kami. Berikan kami kekuatan untuk terus melakukan bagian kami, ya Tuhan. Supaya kuasa-Mu semakin nyata melingkupi kami dan kami terus DILUPUTKAN dari segala mara bahaya. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”