PEMEGANG KUNCI PINTU KEHIDUPAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Imamat 11-12
Matius 26:1-25

BACAAN HARI INI
Wahyu 3:7-13

RHEMA HARI INI
Wahyu 3:7 “Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia: Inilah firman dari Yang Kudus, Yang Benar, yang memegang kunci Daud; apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka.

Kala hidup dihadang pintu-pintu tertutup, tak jarang keputusasaan menerjang hidup kita. Demikian pula yang tengah Agum alami. Usaha dagangnya di sebuah pusat grosir entah mengapa menjadi sepi. Padahal ia harus membayar sewa kios, pegawai, dan juga tagihan-tagihan yang ada. Tidak ada yang bisa diandalkan Agum. Saat ia merasa bingung, tiba-tiba ia mendengar lantunan sebuah lagu, “Bila Kau yang membuka pintu, tak ada satu pun yang dapat menutupnya.”

Lagu yang dipopulerkan oleh Maria Shandi itu menceritakan tentang bagaimana setiap pergumulan hidup yang kita alami dan segala bentuk kekuatiran kita harus kita serahkan kepada Tuhan. Akhirnya Agum ingat siapa pemilik hidupnya. Ia pun berdoa meminta pertolongan kepada Tuhan. Ia menyerahkan semua kekuatiran hidupnya dan lagu tersebut benar adanya dialami oleh Agum. Tuhan pun membukakan pintu baginya. Tiba-tiba ia mendapat pesanan barang, tiba-tiba tagihan bisa dibayarkan di belakang, dan tiba-tiba pembeli datang memborong dagangannya.

Ya, pintu tertutup memang hanya bisa dibuka jika kita memiliki kuncinya. Dalam kehidupan ini, Tuhanlah pemilik kunci kehidupan kita. Oleh karenanya, jangan kuatir akan hidup kita, akan apa yang kita pakai, atau apa yang akan kita makan (Luk. 12:22). Meskipun seolah jalan-jalan tertutup dan tampak suram, ingatlah siapa pemilik kunci kehidupan kita. Segelap-gelapnya kegelapan, tidak akan bisa menghalangi terang. Sekuat-kuatnya iblis berusaha untuk mengagalkan janji dan agenda Tuhan, tetap saja janji Tuhan tidak pernah bisa digoyahkan. Sekalipun iblis berusaha menunganggi situasi dan mereka-rekakan yang jahat, tetapi Tuhan sanggup mereka-rekakannya kembali menjadi kebaikan. Bahkan bukan hanya kebaikan, tetapi Tuhan sanggup mengubahnya menjadi pelangi kemuliaan yang indah. Kalau Tuhan sudah membuka pintu, maka tidak ada satu pun yang bisa menutupnya, sehingga perjanjian Tuhan yang tak tergoyahkan dinyatakan pada setiap kita. (LEW)

RENUNGAN
Kalau Tuhan sudah MEMBUKA PINTU, maka tidak ada satu pun yang BISA MENUTUPNYA.

APLIKASI
1. Dalam hal apa Anda merasa pintu masih tertutup bagi Anda?
2. Mengapa Tuhan mengizinkan pintu itu tertutup dan mengapa Tuhan mau membukakan pintu bagi Anda?
3. Bagaimana cara Anda menantikan Tuhan sampai Tuhan membukakan pintu, sehingga tidak ada yang bisa menutupnya?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami sangat percaya Engkau memiliki rancangan yang indah bagi setiap kami. Apa pun yang kami hadapi, Engkau pasti akan memberikan jalan keluar. Kala Engkau sudah membuka pintu, kami yakin tidak ada satupun yang bisa menutupnya. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”