MENCEGAH API ROH KITA PADAM (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Imamat 11-12
Matius 26:1-25

RHEMA HARI INI
Efesus 4:27 dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis.

Kobaran api bagi Tuhan dalam hati Ibu Sara Joesi hampir tak ada matinya. Ia begitu rajin berdoa, mengikuti Pondok Daud, dan melayani Tuhan. Hanya saja, di suatu siang, nyala apinya bagai bergoyang-goyang tertiup angin. Ia hampir saja menyerah. Akibat serangan virus di tahun 2010, Ibu Sara Joesi mengalami strok dan nyeri hebat di kakinya, yang kemudian membuatnya lumpuh. Saat hatinya melemah, intimidasi iblis atas keadaan fisiknya tak jarang membuatnya merasa down. Namun, anaknya laki-lakinya selalu tampil menyemangatinya dan berkata, “Mama doakan banyak orang dan mereka sembuh. Mama pun pasti sembuh. Ayo semangat, Ma!” Begitu pula dengan suaminya. Setiap hari, tiga kali sehari, ia mendoakan Ibu Sara Joesi dan mengolesinya dengan minyak urapan. Hati Ibu Sara Joesi pun kembali dinyalakan. Semangat dan kesatuan hati mereka akhirnya menggerakkan hati Tuhan dan mujizat pun terjadi.

Ya, menjaga nyala api roh kita agar tetap menyala-nyala dalam Tuhan bukanlah perkara mudah. Kesulitan hidup dan berbagai permasalahan bisa dipakai iblis untuk mengalihkan fokus kita dari Tuhan. Alih-alih memegang erat janji Tuhan, hari-hari kita malah terisi dengan kekuatiran, ketakutan, kekecewaan, dan keputusasaan. Saat itu terjadi, iman kita pun tergelincir dan api roh kita memadam.

Tidak bisa tidak, satu-satunya jalan agar api roh kita terus menyala hanyalah dengan terus berjaga-jaga. Tetaplah pandang Tuhan dan percayai hati-Nya. Seperti layaknya Sadrakh, Mesakh, dan Abednego yang meski dilemparkan ke dalam dapur api yang menyengat, justru mengobarkan api roh mereka lebih lagi. Mereka bertekad untuk tetap percaya sampai akhir. Sampai Tuhan mengutus malaikat-Nya untuk menolong mereka. Oleh sebab itu, seperti apa pun kondisi kita hari ini, biarkan api Tuhan turun atas kita dan jagalah api itu agar terus menyala. Semakin besar pergumulan kita, semakin besar pula api roh kita harus menyala. Maka iblis tidak lagi bisa menyerang hidup kita dengan segala kebohongan dan tipu muslihatnya.

RENUNGAN
Jangan pernah MEMBERI KESEMPATAN kepada iblis untuk bisa MEMADAMKAN api roh kita.

APLIKASI
1. Adakah yang membuat api roh Anda memadam akhir-akhir ini? Mengapa demikian?
2. Mengapa kita tidak boleh memberi kesempatan kepada iblis untuk memadamkan api roh Anda?
3. Bagaimana Anda bisa mencegah iblis untuk memadamkan api roh Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, ampuni kami apabila kami mengizinkan berbagai hal memadamkan api roh kami. Bantulah kami, agar kami bisa mengobarkan kembali api-Mu dan menjaganya agar terus menyala. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”