SATU-SATUNYA YANG DAPAT KITA ANDALKAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Kejadian 29-30
Matius 9:1-17

BACAAN HARI INI
Yeremia 17:1-8

RHEMA HARI INI
Yeremia 17:7-8 Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN! Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.

Siapa yang tidak pernah mendengar nama Abraham Lincoln? Ia diakui sebagai sosok presiden Amerika Serikat terbaik oleh para ahli sejarah. Pernah satu hari, seorang yang cukup dekat dengan Lincoln berjalan melintasi kamar presiden di Gedung Putih. Kebetulan pintunya sedikit terbuka. Lalu ia mendengar seseorang berbicara di dalam kamar tersebut. Karena penasaran, ia berhenti sejenak dan mencoba melihat siapakah orang yang sedang berbicara itu. Ia pun melihat sang presiden sedang berlutut di samping tempat tidurnya dan mengucapkan doa dengan sepenuh hati, “Tuhan Yesus, tolong saya, Roh Kudus beri saya kebijaksanaan untuk dapat memimpin bangsa yang besar ini.” Ya, keberhasilan Lincoln terletak pada kesadaran dirinya untuk selalu mengandalkan pertolongan dan kuasa Tuhan. Itu sebabnya, ia memperoleh keberhasilan yang dikenang sampai dengan saat ini.

Saat ini, Amerika dianggap sebagai negara super power. Banyak bangsa yang menaruh harapan untuk ditolong oleh negara Amerika, tetapi sesungguhnya presiden terbaiknya pun berharap pada pertolongan Tuhan. Belajar dari peristiwa ini, semestinya kita tidak perlu lagi berharap kepada orang lain, siapa pun juga. Sebab kita memiliki Tuhan, yang menolong dan mengangkat siapa pun yang mengandalkan dan meminta pertolongan-Nya.

Jadi, hari ini, kesulitan apa yang kita sedang hadapi, sehebat apa pun masalah itu, percayalah bahwa Tuhan lebih berkuasa, dan Tuhan peduli pada kita. Selama kita mau datang dan meminta pertolongan kepada-Nya, Dia tidak akan tinggal diam. Dia akan menghembuskan angin profetik Roh Kudus, sehingga kuasa mujizat-Nya bekerja atas kita dan kekuatan untuk menanggung segala sesuatu akan dicurahkan-Nya kepada kita. Bersama-Nya, kita akan mampu menanggung, bahkan mengatasi setiap masalah, dan kita akan muncul sebagai pemenang.

RENUNGAN
Tuhan MENCELA orang yang MENGANDALKAN MANUSIA, tetapi MEMBERKATI orang yang datang MEMINTA PERTOLONGAN ROH KUDUS.

APLIKASI
1. Sudahkan Anda mengandalkan Tuhan dalam segala hal? Apakah hasilnya?
2. Mengapa Tuhan mencela orang yang mengandalkan orang lain atau dirinya sendiri?
3. Bagaimana Anda akan semakin mengandalkan Tuhan dalam segala perkara di hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih karena Engkau selalu ada bagi kami. Hanya Engkaulah yang dapat kami andalkan dan kami menyadarinya. Berikanlah kami hati yang mau taat dan sabar untuk menantikan-Mu. Ke dalam tangan-Mulah kami menyerahkan segala sesuatu dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”