PRIBADI YANG HIDUP DAN BERKUASA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Ezra 9-10
Kisah Para Rasul 1

RHEMA HARI INI
Yohanes 14:16-17 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Pagi itu adalah jadwalnya kelas pelajaran agama dan Pak Soni sedang membuka sebuah diskusi mengenai apakah Tuhan sungguh-sungguh ada atau tidak. Roni berargumen: “Kalau memang Tuhan itu ada, di mana Dia waktu ayahku sakit keras? Kalau Dia ada, tentu saja ayahku bisa disembuhkan.” Lalu Jeni menimpali, “Saya rasa memang Tuhan itu seperti dewa-dewa, hanya ada dalam dongeng-dongeng saja. Kalau benar ada, di mana Dia? Mengapa saya tidak bisa melihatnya?” Setiap orang di dalam kelas menyuarakan pendapatnya masing-masing. Ada yang yakin bahwa Tuhan itu ada, tetapi tidak sedikit juga yang meragukannya.

Pak Soni akhirnya membuka suara dan bertanya, “Jeni, apakah kamu memiliki otak?” “Ya tentu saja lah, Pak.” jawab Jeni dengan yakin. “Tapi kamu tidak bisa melihat otakmu. Bagaimana kamu bisa percaya kamu punya otak?” tanya Pak Soni lagi. Seisi kelas pun mulai terdiam. “Ilmu medis yang mengatakannya, Pak. Banyak buku-buku ilmiah di luar sana,” ujar Jeni. Pak Soni pun tersenyum lalu berkata, “Yang menulis buku-buku itu pun belum pernah melihat ataupun memegang otaknya sendiri, namun kamu bisa mempercayainya. Padahal Alkitab ditulis oleh orang-orang yang pernah berinteraksi langsung dengan Tuhan, tetapi mengapa kalian tidak bisa mempercayainya?”

Berapa banyak di antara kita yang masih seperti Roni dan Jeni? Kita sering kali meragukan keberadaan Tuhan dan Roh Kudus hanya karena kita tidak bisa melihat-Nya. Hari ini kita diingatkan bahwa sekalipun tidak terlihat, Roh Kudus itu hidup dan berkuasa. Dia adalah Pribadi yang nyata. Dia adalah Penolong yang akan terus menyertai dan membimbing langkah hidup kita. Oleh karena itu, bangunlah hubungan pribadi dengan Roh Kudus, sehingga kita bisa semakin mengenal dan jatuh cinta kepada-Nya. Marilah kita melangkah di tahun 2021 dengan meyakini bahwa kita berjalan bersama Roh Kudus sehingga tahun Roh Kudus benar-benar terjadi dalam hidup kita.

RENUNGAN
Walaupun TIDAK TERLIHAT, tetapi Roh Kudus itu NYATA ADA, HIDUP, dan BERKUASA.

APLIKASI
1. Apakah Anda mempercayai bahwa Roh Kudus itu sungguh-sungguh ada, hidup dan berkuasa? Mengapa demikian?
2. Menurut Anda, mengapa kita harus mempercayai bahwa Roh Kudus itu ada dan berkuasa?
3. Apakah Anda memiliki pengalaman pribadi Anda dengan Roh Kudus? Tuliskanlah!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, terima kasih untuk Roh Kudus-Mu yang telah Engkau kirim bagi kami. Sekalipun kami tidak bisa melihat Roh Kudus, namun kami percaya bahwa Roh Kudus itu ada dalam hati setiap kami. Dan biarlah kuasa Roh Kudus dinyatakan senantiasa dalam hidup kami, sehingga kami bisa menjadi saksi-Mu bagi orang-orang di sekeliling kami. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”