KUNCI AGAR JIWA KITA DISEGARKAN KEMBALI (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 84-86
Roma 12

RHEMA HARI INI
Mazmur 23:3 Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar
oleh karena nama-Nya.

Salah satu hal yang tidak bisa kita lihat tetapi sangat mempengaruhi kehidupan kita adalah pikiran. Apa yang ada di dalam pikiran kita, berdampak besar pada apa yang kita lakukan dan suasana hati kita. Terlebih dengan banyaknya kejadian atau situasi yang pernah kita alami, termasuk berita-berita negatif yang kita dengar, terkadang membuat pikiran kita mudah panik dan tidak fokus. Jika kita tidak mampu mengontrol pikiran kita, kita pun cenderung khawatir berlebih. Seperti saat ini, ketika pandemi melanda Indonesia, sebagian besar dari kita sering merasa khawatir dan putus asa, kita berpikir bahwa masa depan begitu mengerikan.

Oleh karena itu, menjadi suatu hal yang penting bagi kita untuk belajar meletakkan fokus kita kepada Tuhan dan bukan pada hal yang lain. Karena ketika pikiran kita terus terfokus hanya pada hal-hal yang negatif, maka hanya kekhawatiran, kecemasan, dan ketakutan yang akan kita rasakan. Bahkan, lebih buruknya lagi adalah, kita menjadi mudah terintimidasi oleh iblis. Namun, akan menjadi berbeda ketika kita konsisten mengisi pikiran kita dengan firman Tuhan. Kita akan menyadari bahwa situasi maupun kondisi yang saat ini sedang kita alami tidak lepas dari kendali Tuhan. Sehingga, sekalipun situasi yang terjadi seakan berada di luar kendali kita, tetapi ada Tuhan yang pegang kendali atas semuanya.

Ketika kita percaya bahwa segala sesuatu yang terjadi atas hidup kita tetap dalam kendali Tuhan, maka kita akan mampu mengarahkan pikiran kita untuk fokus hanya kepada Tuhan. Ambil komitmen untuk mulai tekun dalam merenungkan firman Tuhan siang dan malam, sehingga ia akan menuntun kita pada pemikiran-pemikiran yang benar. Tuhan tidak akan pernah meninggalkan kita dan Dia senantiasa menopang hidup kita dengan tangan kanan-Nya yang memberi kemenangan. Lawanlah segala ketakutan dan kekhawatiran kita dengan pedang Roh, yaitu firman Tuhan yang hidup. Jangan biarkan pikiran kita yang memegang kendali atas hidup kita dan fokuskan kembali pada Tuhan, maka roh kita akan disegarkan. Kita akan bisa merasakan DAMAI SEKALIPUN keadaan belum berubah. (PF)

RENUNGAN
Letakkan FOKUS kita kepada Tuhan, maka Dia yang akan MENYEGARKAN
kembali JIWA kita.

APLIKASI
1. Apakah saat ini Anda merasa bahwa hidup Anda stagnansi atau justru mengalami kemunduran?
2. Sudahkah Anda meletakkan fokus Anda kepada Tuhan? Jika belum, mengapa demikian?
3. Bagaimana cara Anda untuk meletakkan fokus pada Tuhan? ceritakan!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami menyadari betapa berbahayanya pemikiran negatif. Tolong kami Tuhan, untuk senantiasa hanya berfokus kepada-Mu saja. Kami tidak mau lagi melihat keadaan yang ada, melainkan kami mau melihat Engkau Yang Besar, Engkau yang selalu memberi yang terbaik bagi kami, dan Engkau yang pegang kendali sepenuhnya atas hidup kami. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”