Strategi Dalam Peperangan Roh

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 87-88
Roma 13

BACAAN HARI INI

2 Samuel 10:1-19

RHEMA HARI INI

2 Samuel 10:17 Setelah hal itu diberitahukan kepada Daud, maka dikumpulkannya seluruh orang Israel, diseberanginya sungai Yordan, lalu sampai ke Helam. Orang Aram mengatur barisannya berhadapan dengan Daud dan bertempur melawan dia,

Dalam sebuah peperangan, sangat diperlukan yang namanya strategi. Strategi sebelum maju berperang biasanya berisi perencanaan, koordinasi, dan pengarahan umum operasi militer untuk mencapai kemenangan. Angkatan militer, baik besar maupun kecil, harus punya tujuan dan strategi yang jelas untuk meningkatkan kemungkinan kemenangan serta kerjasama yang baik. Apabila maju dalam sebuah peperangan tanpa adanya suatu strategi perang sama sekali, sangat bisa dipastikan jika mereka pasti kalah. Mereka tidak tahu ke mana mereka harus menyerang, titik mana kelemahan pihak musuh, bagaimana cara menyerang yang tepat, dan sebagainya.

Ilustrasi di atas tidak berbeda jauh dengan kisah dalam Alkitab yang dibaca hari ini. Dikisahkan bangsa Israel yang akan diserang bani Amon, orang Aram, dan orang Maakha. Bukan perkara mudah mengatur strategi untuk sebuah peperangan dalam skala besar. Salah dalam satu poin saja, hal tersebut dapat menggagalkan kemenangan. Oleh karena itu, Daud dan Yoab, panglimanya, harus paham kondisi yang mereka hadapi dan strategi perang yang harus mereka ambil.

Tidak berbeda jauh dengan peperangan secara jasmani. Hal yang sama juga berlaku dalam peperangan roh. Kemampuan untuk melihat pemetaan rohani sangatlah diperlukan, sehingga kita bisa mengatur strategi dalam peperangan yang tak kelihatan ini. Sangat penting untuk mengembangkan kepekaan roh kita, supaya kita dapat memahami peperangan macam apa yang sedang kita hadapi, bagian apa yang harus kita serang. Oleh karena itu, kita harus senantiasa terhubung dengan Roh Kudus, karena Roh Kuduslah yang akan memberi tahu kepada kita apabila ada sesuatu di alam roh. Sehingga pada akhirnya kita berhasil menunaikan mandat Tuhan untuk membebaskan bangsa dan keluar sebagai pemenang, bahkan lebih dari pemenang.

RENUNGAN

Kemampuan MELIHAT PEMETAAN ROHANI membuat kita bisa MENGATUR STRATEGI dalam PEPERANGAN ROH.

APLIKASI

1. Bagaimana sikap Anda selama ini menghadapi peperangan roh dalam hidup Anda?
2. Mengapa Tuhan rindu kita semua dapat melakukan pemetaan rohani?
3. Setelah membaca renungan hari ini, adakah hal-hal yang ingin Anda ubah dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, terima kasih atas kebaikan dan kemulian-Mu yang semakin Kau nyatakan dalam hidup kami. Berikan kami kemampuan untuk dapat melihat pemetaan rohani, sehingga kami mampu melewati setiap peperangan roh dalam hidup kami. Karena kami percaya, Engkau pun tetap beserta kami dalam setiap kondisi. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”