KASIH KARUNIA TUHAN JAUH LEBIH BESAR DARI KESALAHAN KITA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

1 Samuel 27-29
Lukas 13:1-22

BACAAN HARI INI
Yakobus 4:1-10

RHEMA HARI INI
Yakobus 4:6a Tetapi kasih karunia, yang dianugerahkan-Nya kepada kita, lebih besar dari pada itu.
Keliru dalam pergaulan akhirnya membuat Doni terjebak dalam dunia yang bisa dikatakan “hitam”. Narkoba menjadi barang yang tidak asing baginya. Bukan hanya mengonsumsi untuk dirinya sendiri, ia juga menjadi kurir perdagangan narkoba. Semua berawal dari coba-coba dan ikut-ikutan temannya, akhirnya ia justru terjebak dalam pusaran narkoba. Keluarganya sudah memperingatkan Doni agar tidak melakukan hal-hal seperti itu, tetapi ia mengabaikannya.

Hingga suatu kali, Doni tertangkap basah saat sedang melakukan transaksi narkoba. Ia pun dibawa ke kantor polisi. Singkat cerita, setelah melewati serangkaian proses pemeriksaan dan persidangan, Doni dijatuhi hukuman penjara dua tahun. Doni pun menyesali perbuatannya selama ini. Ia merasa dirinya sangat kotor dan malu karena perbuatannya itu. Ia juga merasa bersalah telah mencoreng nama baik keluarga besarnya. Namun, di dalam penjara ia menerima pelayanan rohani Kristen yang membuatnya tersadar bahwa Tuhan Yesus sudah mengampuni dosa dan pelanggarannya. Dari hari ke hari, ia semakin percaya bahwa kasih karunia Tuhan yang lebih besar dari kesalahan dan pelanggarannya. Doni pun bertobat dan memutuskan untuk menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadinya.

Ya, kasih karunia Tuhan Yesus yang dianugerahkan dalam hidup kita amat sangat besar. Sebesar apa pun pelanggaran kita, seburuk apa pun masa lalu kita, sejahat apa pun kesalahan kita, Tuhan sudah mengampuninya. Bukan karena kebaikan dan kebenaran kita, tetapi kita semua diampuni karena kasih karunia Tuhan yang terlampau besar bagi setiap kita. Anugerah Tuhan lebih besar dari segala kesalahan kita dan lebih besar dari dosa kita. Bahkan kasih karunia Tuhan yang besar itu juga sanggup memulihkan hidup kita. Oleh karena itu, jikalau kita masih sering meratapi kesalahan kita dan merasa kita tidak layak, segeralah bertobat, percaya, dan terimalah anugerah Tuhan yang besar atas kita. Percayalah, mujizat kesembuhan total akan Tuhan berikan hari ini dan kita akan terbebas dari rasa bersalah yang membelenggu hidup kita. (LEW)

RENUNGAN
Percaya dan terimalah dengan iman bahwa KASIH KARUNIA TUHAN JAUH LEBIH BESAR dari segala kesalahan kita.

APLIKASI
1. Adakah kesalahan yang masih sering Anda ratapi dan Anda anggap kesalahan Anda begitu besar? Ceritakan!
2. Apakah Anda sudah percaya dan menerima dengan iman bahwa kasih karunia Tuhan jauh lebih besar dari kesalahan Anda? Jika sudah atau belum, mengapa ?
3. Mengapa Anda harus percaya dan menerima dengan iman bahwa kasih karunia Tuhan jauh lebih besar dari segala kesalahan Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami bersyukur untuk kasih karunia yang Kau berikan bagi kami. Kami percaya dan menerima dengan iman bahwa hanya karena kasih karunia-Mu yang lebih besar dari segala kesalahan kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”