PENGHARAPAN AKAN TUHAN TIDAK AKAN PERNAH MENGECEWAKAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Kejadian 33-35
Matius 10:1-20

BACAAN HARI INI
2 Petrus 3:3-10

RHEMA HARI INI
2 Petrus 3:9 Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.

Ingatkah Anda akan kisah Janda Sarfat yang mengalami masa kesusahan? Sewaktu itu, kekeringan terjadi di tanah Israel. Nasib janda itu beserta anaknya sudah sangat di ujung tanduk. Ia tidak punya apa-apa lagi untuk dimakan kecuali segenggam tepung dan sedikit minyak. Mungkin janda itu sudah berdoa memohon pertolongan Tuhan, tapi sampai di detik-detik ketika segala yang dipunyainya hampir habis, pertolongan Tuhan belum juga datang. Bisa kita bayangkan apa yang dirasakan oleh janda itu. Mungkin putus asa, kuatir, hampir menyerah, dan tidak tahu harus berbuat apa. Namun, tanpa diketahui oleh janda itu, Tuhan sudah menyiapkan pertolongan. Tuhan mengirimkan Nabi Elia untuk membawa pertolongan bagi janda itu, tepat pada waktunya.

Hal yang sama pun terjadi saat bayi Musa terapung mengikuti arus sungai Nil. Bagi Miryam yang mengawasi dari jauh, pertolongan siapa yang diharapkannya selain menanti Tuhan sendiri yang bertindak? Dengan ajaib, Tuhan pun merancang segala sesuatunya tepat pada waktunya. Putri Firaun menemukan bayi itu, dan Tuhan memberikan keberanian kepada Miryam untuk menghadap sang putri untuk mencarikan inang pengasuh bayi bayi itu yang tidak lain adalah ibu dari bayi itu sendiri. Sungguh sangat ajaib karya dan pertolongan Tuhan!

Yang harus kita renungkan sekarang adalah, jika pertolongan Tuhan di masa yang lalu sungguh-sungguh nyata, apakah saat ini Dia tidak bisa melakukannya bagi kita? Bisa! Karena Dia tetap Tuhan dan Dia tidak berubah, dulu, sekarang dan selama-lamanya. Kita tetap anak yang dikasihi-Nya. Anak yang sudah dibayar dengan sangat mahal, yaitu dengan darah-Nya sendiri. Dia tidak akan pernah melalaikan janji-Nya, dan siapa yang tetap berharap kepada-Nya, tidak akan dikecewakan. Bagian kita adalah tidak menyerah, tetap percaya dan pegang teguh semua janji-Nya, maka Tuhan akan menghembuskan angin profetik Roh Kudus yang membawa pertolongan tepat pada waktunya. Haleluya!

RENUNGAN
Pertolongan Roh Kudus TEPAT PADA WAKTUNYA, bahkan Dia SUDAH BEKERJA SEBELUM kita mengalami masalah.

APLIKASI
1. Dalam hal apakah Anda sedang menantikan pertolongan Tuhan datang dalam hidup Anda?
2. Menurut Anda, mengapa sering kali Anda diminta untuk menunggu pertolongan Tuhan itu datang?
3. Pernahkah Anda mendapatkan pertolongan Tuhan sungguh-sungguh tepat pada waktunya? Bagikanlah kesaksian Anda dan jadikan kesaksian itu sebagai untuk memberikan kekuatan bagi diri Anda sendiri!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami percaya janji-Mu ya dan amin. Kami percaya Engkau setia sekalipun kami tidak setia. Dan kami percaya Engkau selalu ada bagi kami dan pertolongan-Mu tidak pernah terlambat. Berikan kami kekuatan ya Tuhan, agar kami tetap teguh berdiri dalam iman kami kepada-Mu, supaya kami boleh keluar sebagai pemenang saat pertolongan-Mu dinyatakan dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”