MAJU BERPERANG DENGAN SENJATA KEKUDUSAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Kejadian 33-35
Matius 10:1-20

RHEMA HARI INI
Ibrani 12:14 Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorang pun akan melihat Tuhan.

Menerima olokan atau cemoohan dari teman atau saudara sudah menjadi hal yang biasa bagi Heru. Apalagi saat ia memutuskan untuk membuka usaha sendiri dengan modal yang sangat sedikit, yaitu Rp500.000,- saja. Heru yang sebelumnya pernah berjualan kaki lima tidak menghiraukan komentar orang-orang akan keberaniannya ikut menyewa kios di sebuah pusat perbelanjaan. Semua keterbatasannya justru mendorongnya menaruh harapan kepada Tuhan Yesus. Bukan hanya itu, Heru pun terus menjaga hati dan pikirannya untuk dapat hidup kudus di hadapan Tuhan, yaitu dengan tidak berbuat yang tidak baik terhadap orang-orang yang mencemoohnya, dan terus berfikir positif. Benar saja, saat manusia tidak bisa diandalkan, ia justru mendapat pertolongan dari Tuhan. Supplier-supplier berdatangan, pembeli bahkan pelanggan mulai Tuhan kirimkan ke kiosnya. Ia pun merasa jika tanpa Tuhan, pastilah ia sudah menyerah dan tidak bisa bertahan. Akan tetapi, karena ia memiliki Tuhan, Heru akhirnya bisa mengalami kemenangan dalam perjuangan merintis usahanya.

Sama halnya dengan kehidupan, kita perlu memiliki senjata agar bisa menang dalam setiap perjalanan hidup kita, dan salah satu senjata yang perlu kita miliki adalah kekudusan. Ya, kekudusan adalah sesuatu hal yang sangat penting dalam hidup kita. Sebab tanpa kekudusan, kita bagaikan mau berperang dengan baju zirah dan perisai yang retak, sehingga tidak kuat menghadapi serangan musuh. Namun dengan kekudusan, kita bisa membalikkan kekalahan menjadi kemenangan; dengan kekudusan kita akan menyeberangi sungai ketidakmungkinan; dan dengan kekudusan kita dapat merobohkan tembok penghalang serta meraih kemenangan.

Jika kita pernah terjatuh dalam hal kekudusan, datanglah dan minta ampun kepada Tuhan. Bertobatlah dan kembali hidup kudus. Tidak mudah memang jika kita berjuang menjaga kekudusan dengan kekuatan kita sendiri. Namun, dengan meminta pertolongan Tuhan, kita pasti bisa menjaga hidup kita tetap kudus, baik dalam perkataan, pikiran, perilaku, maupun dalam apa yang kita lihat. Hari ini, ambillah komitmen untuk hidup kudus, maka Tuhan akan membuat kita mengalami kemenangan gilang-gemilang, bahkan tidak terkalahkan. Oleh karena itu, layangkanlah mata kita kepada Tuhan dan kenakankan kekudusan, maka kita akan alami kemenangan besar bersama Tuhan dan tidak terkalahkan. (LEW)

RENUNGAN
TANPA KEKUDUSAN, ibarat kita maju berperang TANPA SENJATA.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda menjaga kekudusan dalam hidup Anda? Jika belum, mengapa?
2. Mengapa kekudusan menjadi hal yang penting?
3. Bagaimana cara Anda menjaga kekudusan hidup selama ini?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, ajarilah kami selalu hidup dalam kekudusan. Mampukanlah kami selalu menjaga kekudusan dalam setiap aspek kehidupan kami. Kami percaya, kami bisa menjaganya dengan pertolongan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”