MANFAAT DOA DAN PUASA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Amsal 19-21
2 Korintus 7

RHEMA HARI INI
Matius 4:4 Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.”

Gea sangat menyukai film berseri. Tidak peduli berapa pun banyak serinya, ia selalu mempunyai waktu untuk menontonnya. Bahkan tak jarang, ia rela tidak tidur hanya karena merasa penasaran pada kelanjutan serial drama yang sedang diikutinya. Ia begitu bersemangat mengunduh dan mengumpulkan semua serial film yang ada di komputernya. Walaupun ia harus mengeluarkan pengeluaran lebih, tetapi ia tidak pernah merasa terbebani akan hal tersebut. Karena ia merasa seperti memiliki energi ekstra saat sedang mencari info tentang serial baru apalagi yang belum pernah ia tonton dan ia akan merasakan kepuasan sendiri saat menemukan serial baru lainnya.

Sekarang, mari kita bandingkan kehidupan Gea dengan Daud. Kita mengetahui bahwa hidup Daud penuh dengan pujian penyembahan (Mzm. 119:164). Bahkan, ia senantiasa memiliki kerinduan untuk selalu menghabiskan waktu dalam hadirat Tuhan. Ia pun mewujudkannya dengan membawa kembali Tabut Allah dan membangun Pondok Daud. Bahkan pernah, saat Daud sedang dalam suasana bersukacita, ia menari-nari hingga istrinya sendiri mengolok-oloknya. Namun Daud tidak peduli, karena ia hanya ingin Tuhan disenangkan. Pada akhirnya, kehausannya akan Tuhan pun tidak sia-sia, karena Tuhan menyatakan perlindungan dan pembelaan-Nya kepada Daud.

Kedua kisah di atas memang berbeda, tetapi serupa, bukan? Kita bisa melihat di mana hati seseorang berada, di sanalah kekuatan yang dimilikinya seakan tersedot habis. Gea dengan kerinduan akan hal-hal duniawi, sementara Daud begitu haus dan lapar akan Tuhan. Lalu, bagaimana dengan kita selama ini? Hal apa yang dapat membuat kita begitu bersemangat dan berapi-api hingga menghabiskan seluruh energi kita? Jika itu bukan tentang perkara roh, maka inilah saatnya bagi kita untuk membangun roh kita kembali. Berjuanglah untuk berkomitmen dan konsisten dalam doa dan puasa, sehingga roh kita terjaga untuk terus memiliki rasa haus akan Tuhan. Jangan lewatkan setiap kesempatan yang Tuhan berikan, karena inilah saatnya lawatan Tuhan dinyatakan atas hidup kita dan membawa kita semakin masuk dalam kemuliaan-Nya. Haleluya!

RENUNGAN
DOA dan PUASA akan MENJAGA roh kita SELALU HAUS AKAN TUHAN.

APLIKASI
1. Bagaimanakah kehidupan doa puasa Anda selama ini?
2. Kendala apa yang biasa Anda hadapi saat melakukan doa dan puasa ? Bagaimana Anda mengatasinya?
3. Komitmen apa yang bisa Anda ambil untuk terus membangun diri dalam doa dan puasa, lalu apa yang akan terjadi pada diri Anda jika Anda konsisten melakukannya? Tuliskan!

DOA UNTUK HARI INI
“Roh Kudus, kami tahu Engkau terlebih rindu untuk memenuhi hati dan hidup kami dengan karya-Mu. Ampuni kami jika kerinduan kami dalam mencari-Mu mulai hilang. Berikan kami kekuatan, ya Tuhan, untuk kami bisa terus membangun manusia roh kami melalui doa puasa, supaya kami selalu haus akan Engkau, dan kami semakin melihat kemuliaan-Mu dinyatakan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”