HAL YANG DAPAT MEMPENGARUHI KEDAMAIAN KITA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 89-90
Roma 14

RHEMA HARI INI
Yesaya 32:17 Di mana ada kebenaran di situ akan tumbuh damai sejahtera, dan akibat kebenaran ialah ketenangan dan ketenteraman untuk selama-lamanya.

Sudah beberapa minggu terakhir ini, Kara bergumul mengenai jadwal sehari-harinya. Ia merasa kegiatannya setiap hari selalu penuh, sehingga ia tidak memiliki waktu untuk bersenang-senang. Semua berawal semenjak pandemi, yang mengharuskan Kara bekerja dari rumah. Ia harus bisa membagi waktu antara bekerja, mengurus rumah, dan mengajari anaknya. Sementara itu, ia juga masih memiliki tanggung jawab dalam pelayanan. Kemudian ia memutuskan untuk mengundurkan diri dari pelayanan. Namun, selepas mengundurkan dari pelayanan, ia tak kunjung merasakan damai. Ia pun menyadari sesuatu, bahwasannya damai yang tak ia rasakan bukan karena kesibukan dalam pelayanan, melainkan karena api rohnya yang mulai meredup.

Terkadang, kita dihadapkan pada dua atau lebih pilihan yang mengharuskan kita mengambil keputusan. Ketika jalan yang kita ambil ternyata sebuah keputusan yang salah, sering kali kita akan merasa menyesal. Perasaan menyesal tersebut biasanya diikuti dengan tidak adanya rasa damai dalam hati kita. Terlebih ketika dalam pengambilan keputusan, kita tidak melibatkan Tuhan atau bahkan menyalahkan Tuhan, seperti yang dilakukan Kara dalam ilustrasi cerita di atas. Saat keputusan tersebut memberikan dampak yang fatal bagi hidup kita, kita cenderung merasa putus asa, kecewa, bahkan mungkin sampai menyalahkan Tuhan.

Ya, keputusan kita sangat berpengaruh besar pada kedamaian yang kita rasakan dalam hati kita. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengandalkan Tuhan dan banyak bertanya kepada-Nya saat dihadapkan pada beberapa pilihan. Baik itu tentang pasangan hidup, pekerjaan, masa depan, dan sebagainya. Izinkan Roh Kudus berdaulat atas kita untuk memimpin dan mengarahkan kita, sehingga kita tidak akan pernah salah dalam memutuskan suatu hal. Oleh karena itu, bangun hubungan yang erat dengan Roh Kudus, ikuti setiap kegerakan dan rhema di gereja kita. Ketika api roh kita senantiasa terjaga, kepekaan kita terhadap suara Tuhan akan dipertajam dan kita pun tidak akan pernah salah dalam melangkah.

RENUNGAN
KEPUTUSAN kita menentukan KEDAMAIAN kita.

APLIKASI
1. Menurut Anda, mengapa keputusan kita dapat menentukan kedamaian kita?
2. Sudah pernahkah Anda salah dalam mengambil keputusan? Apa yang Anda rasakan saat itu?
3. Apa langkah yang akan Anda ambil untuk mengaplikasikan renungan pada hari ini?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, berikanlah kami hikmat-Mu dan tuntunlah langkah setiap kami, supaya setiap keputusan yang kami ambil bukanlah keputusan kami semata sebagai manusia, tetapi sesuai dengan apa yang Engkau kehendaki dalam hidup kami. Sehingga damai sejahtera sorgawi boleh senantiasa ada dalam hati kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”