KEBAIKAN YANG TUHAN DATANGKAN BAGI YANG MENGASIHI-NYA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Imamat 15-16
Matius 27:1-26

BACAAN HARI INI
Roma 8:18-30

RHEMA HARI INI
Roma 8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Sebagai hadiah ulang tahun pernikahan orangtuanya, Moses memberikan tiket berlibur ke Eropa dan Jepang. Namun ternyata pengurusan visanya mengalami beberapa hambatan, sehingga akhirnya hanya tersisa waktu untuk satu paket liburan ke Paris saja. Sedangkan paket tur ke Jepang terpaksa dibatalkan. Hal ini tentu saja mengecewakan hati orangtua Moses yang sangat menyayangkan tiket dan akomodasi yang telah dibayar lunas oleh putra mereka. Semua itu jadi terbuang sia-sia.

Namun seminggu kemudian, televisi menyiarkan bahwa lokasi yang tadinya adalah salah satu tujuan wisata orangtua Moses di Jepang dilanda tsunami. Gempa berkekuatan sembilan skala richter menimbulkan serangkaian tsunami hebat dengan gelombang setinggi empat puluh meter, yang meratakan desa-desa, menghancurkan begitu banyak rumah, dan menewaskan hampir 20.000 orang serta masih ribuan lagi yang belum ditemukan. Moses dan kedua orangtuanya segera saja mengucap syukur dan memuji Tuhan. Apa yang tampak buruk dan merugikan bagi mereka, ternyata adalah jalan Tuhan untuk menyelamatkan orangtua Moses.

Sebagai manusia, kita memang tidak akan pernah bisa menyelami pekerjaan Tuhan dari awal sampai akhir. Kita hanya bisa dibuat terkagum dan mengucap syukur setelah kita bisa selamat melalui masa-masa buruk dalam hidup kita. Mungkin sampai saat ini pun kita belum bisa memahami mengapa Tuhan izinkan badai wabah Covid-19 melanda seluruh bumi dan menimbulkan banyak kesusahan bagi semua manusia. Namun, sekalipun kita belum mengerti, tetapi kita tahu dengan pasti bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana-Nya. Kita boleh menaruh kepercayaan penuh kepada Tuhan kita yang tak pernah sekali pun mengingkari janji-Nya, bahwa apa pun yang Dia izinkan terjadi adalah untuk kebaikan kita. Pada waktu-Nya yang terbaik, Tuhan akan membangunkan kembali hidup kita dan memunculkan pelangi kemuliaan-Nya. (PF)

RENUNGAN
SEMUA yang Tuhan IZINKAN TERJADI adalah untuk MENDATANGKAN KEBAIKAN bagi setiap kita yang MENGASIHI-NYA.

APLIKASI
1. Kejadian atau hal apa yang saat ini tampaknya adalah hal buruk yang terjadi pada Anda?
2. Seberapa besar Anda percaya pada janji Tuhan? Apa alasan Anda?
3. Apa yang akan Anda lakukan ketika menghadapi hal-hal yang tidak baik dalam kehidupan Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, Engkau sangat mengasihi kami lebih dari yang kami tahu. Tak ada rencana-Mu yang buruk bagi kami. Walaupun sekarang kami mungkin tidak mengerti, tapi kami mau percaya bahwa apa pun yang Kau izinkan terjadi adalah untuk kebaikan kami. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”