SUMBER NYALA API-API ROHANI KITA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Imamat 15-16
Matius 27:1-26

RHEMA HARI INI
1 Petrus 2:2 Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan,

Riana menyambut dengan sukacita ketika Lala, sahabatnya, merencanakan untuk pulang ke kota mereka. Sejak menikah, Lala pindah ke kota lain mengikuti pekerjaan suaminya. Riana sudah memutuskan untuk menutup tokonya supaya bisa menemani Lala. Ia membayangkan waktu menyenangkan yang akan dilewatkannya bersama Lala, bercanda dan mengobrol sepuas hati. Namun sesaat kemudian, hati Riana seperti ada yang mengingatkan. “Demi Lala, kamu rela menutup tokomu. Padahal biasanya, untuk beribadah, kamu merasa sayang kehilangan orderan.”

Riana jadi teringat ketika ia masih seorang jiwa baru. Ia begitu bersemangat datang beribadah. Ia rajin Pondok Daud, bersaat teduh tiap pagi, dan mencari Tuhan seperti bayi haus akan susu. Riana merasa malu dan bersalah, karena cintanya kepada Tuhan mulai luntur. Ia kini lebih suka beribadah secara online dan tidak pernah lagi mengikuti Pondok Daud. Kelelahan dalam bekerja menjadi alasan untuk tidak lagi memiliki waktu khusus bersama Tuhan.

Ya, api cinta membuat kita rela melakukan dan berkorban bagi orang yang kita kasihi. Ketika hati kita dipenuhi oleh rasa cinta akan Tuhan, api-api rohani yang lain pun akan ikut berkobar dalam hidup kita. Kita akan mencintai ibadah di rumah Tuhan dan selalu rindu hadirat Tuhan dalam Pondok Daud. Berdoa menjadi sesuatu yang alami seperti kita bernafas. Saat roh kita menyala-nyala, melayani bukanlah sebuah beban, melainkan sebagai ungkapan rasa syukur atas kebaikan Tuhan. Kita pun akan sigap mengambil setiap kesempatan yang datang untuk bersaksi dan bercerita tentang Tuhan. Inilah api Roh yang lahir dari hubungan yang intim dengan Tuhan. Api Roh yang penuh kuasa dan mujizat. Di tahun Roh Kudus ini, jangan sampai api Roh kita padam. Biarkan api Tuhan turun, menyulut api Roh kita dan mengubah kekalahan menjadi kemenangan. (PF)

RENUNGAN
API CINTA kepada Tuhan akan MENGOBARKAN nyala API-API ROHANI yang lain.

APLIKASI
1. Masihkan api cinta kepada Tuhan menyala dalam hati Anda? Mengapa demikian?
2. Apa saja yang Anda lakukan ketika hati Anda terbakar oleh rasa cinta akan Tuhan?
3. Bagaimana cara Anda untuk menjaga api cinta, atau menyalakan kembali api cinta Anda kepada Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, janganlah kiranya api cinta kami kepada-Mu menjadi padam. Biarlah hati kami selalu dipenuhi rasa cinta yang menyala-nyala akan Engkau. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”