KUNCI MENERIMA KEPENUHAN ROH KUDUS YANG LEBIH BESAR (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Amsal 22-24
2 Korintus 8

RHEMA HARI INI
Efesus 3:18-19 Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus, dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. Aku berdoa, supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah.

Pernahkah Anda mengeluhkan smartphone Anda terasa berat dan tidak bisa bekerja dengan cepat? Hal tersebut biasanya dikarenakan banyaknya file sampah yang menumpuk di dalam sistem smartphone kita. Salah satu cara yang bisa kita lakukan agar performa smartphone kita tidak menurun adalah dengan membersihkan file-file sampah tersebut. Biasanya yang kita lakukan adalah dengan cara menghapus file-file tersebut dengan aplikasi tertentu. Cara ini cukup berhasil dalam meringankan kerja “otak” smartphone kita, sehingga tidak lagi terasa berat saat digunakan.

Tidak berbeda jauh dengan smartphone, ruang hati kita pun juga terkadang terlalu penuh dengan file-file sampah. Sering kali kita tidak menyadari bahwa hati kita lebih banyak terisi dengan segala sesuatu yang merusakkan. Seperti yang dialami murid-murid Yesus setelah penyaliban Tuhan Yesus. Hati mereka penuh dengan keraguan, ketakutan, dan ketidakpercayaan karena tekanan yang mereka terima dari penguasa zaman itu. Namun, jika kita perhatikan, Tuhan Yesus justru menyuruh murid-murid-Nya untuk naik ke loteng atas menantikan kepenuhan Roh Kudus. Pada akhirnya kita melihat bagaimana mereka dipenuhi dengan Roh Kudus, sehingga terjadi kegerakan yang luar biasa pada saat itu.

Lalu, bagaimana cara kita agar dapat menerima kepenuhan Roh Kudus seperti yang dialami murid-murid Yesus saat itu? Ya, satu-satunya kunci adalah dengan doa puasa. Karena saat kita doa puasa, kita sedang memberi ruang dalam diri kita, sehingga Roh Kudus lebih leluasa dalam berkarya dalam hidup kita. Saat kita ikut ambil bagian dalam kegerakan doa puasa massal yang gereja kita adakan saat ini, sesungguhnya kita sedang membuang segala keinginan daging dan hal-hal yang merusakkan hati kita, sehingga isi ruang hati kita penuh dengan Roh Kudus. Kita pun dapat berbuah lebat bagi Kerajaan Allah, dan kuasa serta tanda ajaib akan menyertai kita dalam pelayanan, pekerjaan, dan keluarga kita!

RENUNGAN
Doa puasa MEMBERI RUANG dalam diri kita sehingga kita bisa MENERIMA KEPENUHAN ROH KUDUS yang lebih besar.

APLIKASI
1. Apakah Anda ikut ambil bagian dalam kegerakan doa puasa? Selama mengikuti kegerakan doa puasa, hal apa yang Anda rasakan? Tuliskanlah.
2. Menurut Anda, mengapa doa puasa dapat memberi ruang dalam diri kita untuk menerima kepenuhan Roh Kudus?
3. Menurut Anda, bagaimana cara agar doa puasa kita sungguh berkenan di hadapan Tuhan dan dapat membersihkan ruang dalam diri kita?

DOA UNTUK HARI INI
“Roh Kudus, terima kasih untuk kesetiaan-Mu selama ini. Kami percaya, saat kami membuka hati kami dan komitmen dalam doa puasa, maka hati kami akan bebas dari segala kecemaran dan kekhawatiran. Karena kami rindu mengalami kepenuhan Roh Kudus lebih lagi. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”