TERUS JATUH CINTA DENGAN ROH KUDUS (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Nehemia 7-9
Kisah Para Rasul 3

RHEMA HARI INI
Imamat 6:13 Harus dijaga supaya api tetap menyala di atas mezbah, janganlah dibiarkan padam.”

Api unggun adalah salah satu elemen terpenting dalam berkemah. Selain sebagai penerang dan menjaga udara tetap hangat di malam hari, api unggun juga dimanfaatkan untuk memasak serta menjauhkan hewan liar. Itu sebabnya, Keira dan kawan-kawannya berusaha menjaga kobaran api unggun untuk tetap menyala sepanjang malam. Mereka mengambil giliran setiap dua jam untuk tetap terbangun dan memastikan apinya tidak mati. Namun, hujan yang sempat turun hampir saja memadamkan api unggun mereka. Saat bergantian jaga, sunyinya malam membuat mereka sulit untuk tetap terjaga. Ketika giliran Keira untuk menjaga api tiba, ia pun tertidur. Perlahan, nyala api unggun itu memudar dan padam.

Saat kita jatuh cinta kepada Roh Kudus, api kasih mula-mula kita pun menyala berkobar-kobar. Hari-hari yang kita lalui bersama-Nya terasa begitu manis dan penuh dengan tujuan ilahi. Selayaknya orang yang sedang jatuh cinta, kita mengira bahwa masa-masa seperti itu akan konstan berlangsung selamanya. Namun, banyaknya permasalahan, kekecawaan, sakit hati, berbagai kesenangan dan daya tarik dunia, atau kesibukan kerja, bahkan pelayanan sekalipun, sering kalinya mengalihkan perhatian serta waktu kita dari persekutuan dengan Roh Kudus. Kemudian manusia roh kita tertidur. Akibatnya, kobaran kasih mula-mula kepada Tuhan pun memudar.

Ya, menjaga api roh kita tetap menyala harus dengan sengaja dilakukan. Seperti api unggun yang perlu dilemparkan kayu bakar ke dalam kobarannya dari waktu ke waktu supaya tetap menyala, demikian pula dengan api cinta kita dengan Roh Kudus. Luangkan waktu setiap harinya untuk duduk diam di kaki Tuhan dan bergaul intim dengan Roh Kudus. Naikkan pujian penyembahan, baca firman Tuhan. Percayalah, saat satu per satu rhema firman Tuhan dilemparkan ke dalam hati kita, dan hadirat Tuhan turun atas kita, maka tak bisa tidak, kita akan jatuh cinta lagi dan lagi kepada Roh Kudus. (MV.L)

RENUNGAN
Jatuh cinta itu TIDAK SULIT, yang sulit adalah MEMPERTAHANKAN TETAP CINTA dan TERUS JATUH CINTA dengan Roh Kudus.

APLIKASI
1. Bagaimanakah keadaan hubungan pribadi Anda dengan Roh Kudus?
2. Mengapa Anda perlu menjaga cinta mula-mula terhadap Roh Kudus?
3. Bagaimana Anda bisa menjaga cinta mula-mula Anda kepada Roh Kudus?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, kami bersyukur Engkaulah Allah yang penuh kasih. Ampuni kami apabila selama ini kami teralihkan oleh banyak hal dan menjauh dari-Mu. Bawa kami mendekat kembali kepada-Mu, agar kami boleh menerima curahan kasih-Mu dan dipenuhi kembali dengan cinta mula-mula kepada-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”