KUASA DOA YANG MENGUBAHKAN [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Amos 1-3
Wahyu 6

 

BACAAN HARI INI
Efesus 3:16-21

RHEMA HARI INI
Efesus 3:20 Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita,

Pada hari Kamis sebelum Natal, seorang wanita datang ke toko bahan makanan dan meminta bantuan untuk sekedar bisa memasak. Si pemilik toko bertanya berapa uang yang dimilikinya. Wanita itu menjawab, “Suami saya tewas dalam perang. Saya tidak punya apa-apa lagi untuk diberikan kecuali sebuah doa.” Mendengar itu, si pemilik toko berkata dengan ketus, “Tuliskan doa itu,” dan melanjutkan pekerjaannya. Wanita itu mengeluarkan secarik kertas dari dompetnya dan menyodorkannya kepadanya. “Aku melakukannya semalam selagi aku menjaga bayiku yang sedang sakit,” katanya. Pemilik toko mengambil kertas itu dan dengan kasar menaruhnya di sisi pemberat timbangan kunonya. Ia berkata, “Aku akan memberimu bahan pangan seberat bobot doa ini.”

Saat ia menaruh sepotong roti di sisi lain timbangan tersebut, ia terkejut sebab timbangan itu tidak bergerak sedikit pun. Tercengang, ia menambahkan sebongkah keju, lalu seekor kalkun, tetapi timbangan itu tetap tak bergerak. Akhirnya, karena ia sudah menaruh begitu banyak bahan pangan, timbangan itu tidak bisa memuat lebih banyak lagi. Kemudian wanita itu pun pergi dengan kantong penuh bahan makanan dan air mata sukacita di wajahnya. Sepeninggal wanita itu, si pedagang memeriksa timbangannya dan mendapati timbangan itu rusak tepat pada saat ia menaruh kertas doa wanita itu. Ia memungut kertas itu dan membaca tulisan di sana: “Tuhan, berikan kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya.”

Itulah besarnya kuasa doa yang terlahir dari hati yang sungguh-sungguh berserah kepada Tuhan. Bukan hanya seperti yang kita doakan, tetapi Tuhan mampu mengerjakan melebihi yang kita bayangkan. Sebab doa mengkoneksikan kita dengan dimensi supernatural Allah, sehingga lewat hidup kita, Tuhan akan membuat mujizat dan perbuatan ajaib. Apa yang kita doakan bukan hanya akan dijawab Tuhan, tetapi yang lebih besar, lebih banyak dan lebih hebat pun Tuhan akan kerjakan.

RENUNGAN
DOA membuat kita mengalami PERKARA BESAR dari Tuhan.

APLIKASI
1. Bagaimana pandangan Anda terhadap doa selama ini?
2. Mengapa doa bisa membuat Anda mengalami perkara besar dari Tuhan?
3. Bagaimana Anda akan berdoa mulai dari sekarang?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, Engkau Allah yang dahsyat. Engkau tahu apa yang ada dalam hati dan pikiran kami jauh sebelum kami mendoakannya. Engkau tahu apa yang kami alami dan Engkaulah yang membuat kami berdiri kuat di atas segala gunung permasalahan kami. Engkau bukan hanya sanggup menolong, tetapi lebih besar lagi Engkau sanggup kerjakan. Kami mau membangun roh kami ya Tuhan, agar kami bisa bangkit melakukan perkara-perkara luar biasa bersama-Mu dan memuliakan nama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

BACAAN HARI INI

Roma 10:8-11

RHEMA HARI INI

Roma 10:8 Tetapi apakah katanya? Ini: “Firman itu dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu.” Itulah firman iman, yang kami beritakan.

Seperti yang kita ketahui dalam pelajaran sejarah, selama ratusan tahun bangsa Indonesia hidup dalam penjajahan beberapa negara asing. Sampai ketika beberapa peristiwa penting terjadi di tahun 1942-1945 dan membuka kesempatan bagi bangsa Indonesia untuk merdeka. Dengan sigap, beberapa tokoh penting segera bergerak untuk merumuskan teks proklamasi kemerdekaan. Hingga akhirnya, pada tanggal 17 Agustus 1945, teks proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan pertama kalinya oleh presiden pertama Indonesia, yaitu Ir. Soekarno.

Setelah memproklamirkan kemerdekaan Indonesia, perjuangan bangsa Indonesia belumlah selesai. Berita proklamasi harus disebarkan ke seluruh pelosok negeri, bahkan ke seluruh penjuru dunia. Padahal pada zaman itu, sarana komunikasi dan transportasi masih sangat terbatas, sehingga dibutuhkan waktu beberapa lama sampai seluruh rakyat menerima berita kemerdekaan Indonesia. Saat berita itu sampai ke telinga rakyat, tentu saja mereka pun menyambutnya dengan semangat yang tinggi. Dengan berapi-api rakyat memberikan kontribusi di daerah-daerah untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia, yang ditandai dengan adanya beberapa peristiwa pertempuran seperti yang terjadi di Bandung, Surabaya, Ambarawa, dan Sumatera. Sampai kemerdekaan bangsa kita benar-benar diakui oleh bangsa-bangsa.

Apa yang dahulunya dialami bangsa kita, tanpa kita sadari, kita pun juga mengalaminya dalam kehidupan kita sehari-hari. Ada beberapa dari kita yang mungkin sudah bertahun-tahun hidup dijajah dengan pergumulan-pergumulan kita sendiri, bahkan bisa jadi iman kita sudah mulai lelah berperang melawannya. Sama seperti bangsa Indonesia yang 74 tahun lalu memproklamirkan kemenangannya atas penjajah, yang kemudian membangkitkan semangat juang para pahlawan dan seluruh rakyat untuk merebut serta mempertahankan kemerdekaan; kita pun perlu mendeklarasikan kemenangan kita. Karena dengan mendeklarasikan kemenangan, sejatinya kita tidak hanya sedang membangun iman kita, tetapi juga membuat musuh gentar. Ya, kita memerlukan ledakan iman yang besar untuk merebut serta mempertahankan kemenangan kita, dan salah satu caranya adalah dengan mendeklarasikan kemenangan kita.

RENUNGAN

Supaya kita bisa mengalami LEDAKAN IMAN, kita perlu MENDEKLARASIKAN KEMENANGAN kita.

APLIKASI

1. Sudahkah Anda mendeklarasikan kemenangan Anda?
2. Menurut Anda, mengapa Anda perlu mendeklarasikan kemenangan Anda?
3. Bagaimana deklarasi kemenangan dapat membawa ledakan iman terjadi?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan, kami mau belajar untuk melangkah dalam iman, karena kami tahu, hanya dengan iman sajalah kami dapat mencapai kemenangan. Maka, saat ini juga, kami mau mendeklarasikan kemenangan kami. Kami percaya bahwa kami sudah menang atas segala pergumulan dan persoalan hidup kami. Dan mulai hari ini, iman kami sudah dibangkitkan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”