CIRI-CIRI ORANG YANG MENERIMA PENGURAPAN APOSTOLIK (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Ulangan 30-31
Markus 15:1-25

BACAAN HARI INI
Kisah Para Rasul 1:1-9

RHEMA HARI INI
Kisah Para Rasul 1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Tidak ada orang yang tidak ingin hidup damai dan rukun dengan orang lain. Namun kenyataannya, konflik selalu hadir di antara manusia. Bahkan sedikit kesalahpahaman bisa mengakhiri hubungan yang paling akrab sekalipun. Seperti yang terjadi kepada kedua sahabat yang memiliki ladang berselebahan. Suatu hari, salah seorang dari mereka sedang bersusah hati memikirkan apa yang dilakukan yang lainnya. Lalu datanglah seorang tukang kayu mengetok pintu rumahnya dan mencari pekerjaan. Pria itu pun berkata, “Tepat sekali waktumu. Kau lihat ladang di seberang sungai itu? Itu ladang sahabatku. Minggu lalu ia mengeruk parit sehingga kini ada sungai yang memisahkan tanah kami. Aku ingin kau membuat pagar setinggi sepuluh meter.”

Keesokan pagi, si pemilik rumah berangkat ke kota dan saat ia pulang sore harinya, ia sangat kaget menjumpai hasil kerja tukang kayu itu. Bukannya pagar yang menjulang tinggi, tetapi justru jembatan kayu yang indah dan kokoh terlihat menghubungkan ladangnya dengan ladang sahabatnya. Tidak berapa lama, terlihat sahabatnya yang berdiri di seberang jembatan berjalan menghampirinya. Sahabatnya itu pun berkata, “Sahabatku, sungguh baik hati kau membangun jembatan ini. Padahal aku justru sering menyakiti hatimu. Maafkan aku.” Kemudian mereka saling berpelukan.

Saat kita hidup di dunia ini, manusia memang sering menyakiti dan mengecewakan kita. Namun, Tuhan tidak ingin kita membangun pagar penghalang yang mungkin bisa melindungi kita dari sakit hati. Tuhan justru ingin kita membangun jembatan kasih yang menghubungkan kita dengan sesama kita. Agar melalui hidup kita, orang banyak bisa mengenal kasih Tuhan dan mendengar Injil. Sebab untuk itulah kita dipanggil, untuk menjadi saksi Kristus dan memperluas Kerajaan Allah. Terlebih lagi sekarang, saat roda kegerakan apostolik akhir zaman sedang mulai Tuhan gulirkan. Ketika kita membangkitkan hati rasul yang mengasihi sesama tanpa syarat, Tuhan pun akan mengurapi kita dengan urapan apostolik dan mengubahkan segala kesakitan kita menjadi kesaksian.

RENUNGAN
Salah satu TANDA orang menerima PENGURAPAN APOSTOLIK adalah MENGASIHI SESAMA dan mau menjadi SAKSI TUHAN BAGI JIWA-JIWA.

APLIKASI
1. Adakah pagar-pagar penghalang yang Anda bangun terhadap orang-orang tertentu di hidup Anda? Mengapa Anda membangunnya?
2. Mengapa Tuhan ingin Anda mengasihi sesama tanpa syarat?
3. Bagaimana Anda bisa mengasihi sesama dan menjadi saksi Kristus bagi orang-orang di sekeliling Anda, bahkan orang yang menyakiti Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, ampuni kami apabila selama ini kami tidak bisa mengasihi orang lain dengan segenap hati kami. Sehingga kami pun tak bisa menjadi terang bagi mereka. Kami mau bangkit menjadi saksi-Mu bagi siapa pun yang Engkau tempatkan dalam hidup kami. Pulihkan hati kami dan urapi kami dengan hati rasul, sehingga kami bisa turut memperluas Kerajaan-Mu dan mempermuliakan-Mu lebih lagi. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”