KUNCI MENJADI RAKSASA IMAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Ulangan 30-31
Markus 15:1-25

RHEMA HARI INI
Roma 10: 17 Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.

Konvensi Konstitusional di Amerika Serikat yang diselenggarakan pada tahun 1787, bertujuan untuk merumuskan sebuah undang-undang dasar baru atau membuat amandemen undang-undang dasar yang ada itu berada di ambang kegagalan. Tampaknya tidak ada harapan untuk situasi tersebut. Banyak delegasi berencana untuk pulang. Namun, seseorang yang berusia 81 tahun kala itu, bernama Benjamin Franklin, mengajukan sebuah saran. Ia berdiri dan berbicara di hadapan para delegasi, “Tuan-tuan, saya sudah lama menjalani hidup dan saya yakin bahwa Tuhan memegang kendali dalam urusan-urusan manusia. Saya menyarankan setiap pagi kita mengadakan kebaktian dan memohon pertolongan Tuhan sebelum kita memulai pertemuan-pertemuan kita.”

Sejak hari itu, saran dari Benjamin dilakukan. Setiap pagi mereka mengadakan ibadah dan setelahnya baru dibuka sesi demi sesi. Dalam waktu singkat, sebuah kompromi disepakati, dan Konvensi Konstitusi Amerika Serikat pun akhirnya disetujui. Sungguh luar biasa bagaimana dasyatnya kekuatan membangun sebuah ibadah dalam hidup kita. Karena saat kita mengutamakan Tuhan, makan iman kita akan dikuatkan dan ditempa menjadi raksasa-raksasa iman.

Raja Daud adalah salah satu orang yang begitu mengasihi Tuhan dengan segenap hati. Kerinduan beribadah dan kecintaannya akan rumah Tuhan adalah salah satu kunci kekuatannya. Bait Allah adalah tempat Daud ditempa menjadi raksasa iman. Demikianlah juga seharusnya kita menganggap ibadah bukan hanya kewajiban dan rutinitas yang harus kita kerjakan, tetapi manifestasi kasih yang mengandung manfaat yang luar biasa bagi kita semua. Dengan ibadah, roh kita disegarkan dan diisi ulang. Melalui firman yang kita dengarkan saat beribadah, iman kita pun dibangkitkan dan dikuatkan. Oleh karena itu, mulai hari ini kita harus meyakini begitu pentingnya sebuah ibadah, karena akan membuat kita bertumbuh menjadi raksasa iman yang luar biasa.

RENUNGAN
Saat BERIBADAH, iman kita akan DIKUATKAN dan DITEMPA menjadi RAKSASA IMAN.

APLIKASI
1. Apa hubungannya manifestasi kasih dengan ibadah ke rumah Tuhan?
2. Menurut Anda, mengapa beribadah membuat iman kita dikuatkan?
3. Langkah apa yang akan Anda ambil untuk dapat tumbuh menjadi raksasa iman? Tuliskanlah.

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami melihat bagaimana perbuatan-Mu sungguh ajaib dalam hidup kami. Kami melihat bagaimana Engkau berkarya begitu luar biasa. Ajar kami untuk dapat beribadah dengan segenap hati, sehingga iman kami semakin dikuatkan dan kami pun tumbuh menjadi raksasa iman. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”