KETIDAKKONSISTENAN BISA MEMBUAT HIDUP KITA TENGGELAM (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Kejadian 39-40
Matius 11

RHEMA HARI INI
2 Tawarikh 30:7 Janganlah berlaku seperti nenek moyangmu dan saudara-saudaramu yang berubah setia terhadap TUHAN, Allah nenek moyang mereka, sehingga Ia membuat mereka menjadi kedahsyatan seperti yang kamu lihat sendiri.

Kita mungkin pernah menjumpai atau mengenal seseorang yang dengan mudahnya berubah pikiran. Ia tidak pernah bisa mempunyai satu pendirian yang tetap atau teguh. Hanya dengan sedikit masukan dari kiri kanan, ia bisa langsung mengubah keputusannya. Orang yang seperti ini tentulah sangat merepotkan. Kita tidak pernah tahu, apa yang ia katakan itu sesuatu yang pasti atau masih berubah-ubah lagi. Bisa jadi sekarang ia berkata “mau” tetapi nanti malam ia berubah pikiran menjadi “tidak mau”. Orang yang demikian disebut tidak konsisten. Akan sangat sulit bagi orang lain untuk menaruh kepercayaan kepadanya, dan orang itu sendiri pun akan sukar untuk bisa mencapai sebuah kesuksesan.

Sikap konsisten bukan saja sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga dalam kehidupan rohani kita. Ada banyak orang ketika sedang terjepit masalah, datang kepada Tuhan dengan begitu banyak janji. Namun begitu keadaan mereka sudah dipulihkan Tuhan, bahkan diberkati luar biasa, mereka mulai sombong dan berubah setia. Mereka lupa pada janji-janji dan komitmennya kepada Tuhan. Tak heran jika mereka diangkat Tuhan sesaat saja lalu tenggelam kembali, sebab Tuhan tidak bisa memberikan kepercayaan-Nya kepada mereka.

Ya, bukan karena kita tidak mampu menerima berkat Tuhan, tetapi ketidakkonsistenanlah yang sering kali membuat hidup kita tenggelam. Kita mungkin sangat cakap bekerja, kita pandai mengelola keuangan, kita pun punya bakat dan talenta, tetapi semua itu akan sia-sia jika tidak dibarengi dengan sikap yang konsisten. Dengan selalu melayangkan mata kepada Tuhan, belajar bertekun, tidak berubah setia, dan taat kepada Tuhan dalam segala keadaan, maka kita akan menjadi orang yang tidak bisa ditenggelamkan. Keadaan boleh sangat tidak menguntungkan, sepasukan masalah datang menyerbu, dan gelombang krisis menghantam silih berganti, tetapi tangan Tuhan yang kuat menopang kita agar tetap di atas, sehingga kita tidak akan pernah berakhir dalam keadaan tenggelam. (PF)

RENUNGAN
Bukan KETIDAKMAMPUAN, terkadang yang akhirnya membuat hidup kita TENGGELAM adalah KETIDAKKONSISTENAN.

APLIKASI
1. Seperti apakah arti konsisten bagi Anda?
2. Sudahkah Anda menjadi orang yang konsisten? Mengapa demikian?
3. Apa komitmen Anda tentang konsisten kepada Tuhan, supaya Anda menjadi orang yang tidak bisa ditenggelamkan?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, ampuni kami jika kami selama ini kurang konsisten kepada-Mu, jika kami masih mudah berubah setia dan melupakan komitmen kami kepada-Mu. Kami akan terus belajar setia dan konsisten, seperti Engkau setia dan konsisten menyertai kami. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama-Mu Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”