AKIBAT MEMBIARKAN CELAH TETAP TERBUKA (REKA

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Amos 4-6
Wahyu 7

RHEMA HARI INI
Ibrani 12:16-17 Janganlah ada orang yang menjadi cabul atau yang mempunyai nafsu yang rendah seperti Esau, yang menjual hak kesulungannya untuk sepiring makanan. Sebab kamu tahu, bahwa kemudian, ketika ia hendak menerima berkat itu, ia ditolak, sebab ia tidak beroleh kesempatan untuk memperbaiki kesalahannya, sekalipun ia mencarinya dengan mencucurkan air mata.

Mikha memiliki sebuah kolam ikan di rumahnya. Setiap satu bulan sekali, ia menguras dan membersihkan kolamnya. Biasanya setelah dibersihkan, ia membutuhkan waktu seharian untuk memenuhi kolam ikannya dengan air kembali. Namun, hari itu sesudah Mikha menguras kolam ikannya ia merasa air di kolamnya tidak kunjung penuh. Ia pikir mungkin kolamnya mengalami kebocoran kecil dan ia tidak melakukan apa-apa.

Tanpa Mikha sadari, ternyata lubang kecil di kolamnya itu bukan hanya satu, tetapi banyak. Celah yang timbul di kolam ikannya menjadi jalan bagi binatang lain untuk masuk ke kolam ikan Mikha. Kebetulan kolamnya berdekatan dengan sungai, sehingga kepiting bisa masuk melalui celah kecil kolam tersebut. Kepiting itu keluar masuk dan menyebabkan celah semakin besar, bahkan ia membuat celah-celah lain di pinggir kolam. Meskipun demikian, Mikha tidak segera memperbaiki atau menambal kolamnya. Ia baru menyadari kekeliruannya mengabaikan celah di kolamnya setelah melihat airnya semakin surut dan ikannya banyak yang berkurang serta mati.

Sama halnya dengan kehidupan, ketika kita mengerjakan sesuatu tidak sampai tuntas, maka hal itu bisa menjadi celah yang dipakai oleh Iblis untuk mengganggu dan menyerang kita di kemudian hari. Iblis akan memanfaatkan celah yang terbuka itu untuk mengintimidasi, mengganggu, bahkan menyerang lalu merobohkan kita. Sekecil apa pun celah yang terbuka, iblis akan terus melancarkan serangan kepada kita, sehingga kita bisa kehilangan berkat, mujizat, dan anugerah yang Tuhan sudah sediakan bagi kita. Oleh karena itu, berusahalah menutup setiap celah yang ada, agar kita menjadi kokoh dan lebih kuat dari sebelumnya serta mengalami kemenangan demi kemenangan. Tetaplah berjaga-jaga dalam hidup, ingatlah bahwa iblis akan terus berusaha melancarkan serangan balik terhadap kita. Namun kita bersyukur karena di dalam semuanya itu, Tuhan telah menjamin kemenangan kita. (LEW)

RENUNGAN
MEMBIARKAN CELAH tetap terbuka, membuat kita bisa KEHILANGAN berkat, mujizat, dan anugerah yang SEBENARNYA SUDAH Tuhan berikan.

APLIKASI
1. Apakah Anda pernah membiarkan celah tetap terbuka? Dalam hal apa?
2. Mengapa Anda tidak boleh membiarkan celah terbuka?
3. Bagaimana cara Anda menutup celah yang pernah ada dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami tidak akan membiarkan celah tetap terbuka bagi iblis. Kami tidak mau kehilangan berkat dan mujizat yang telah Engkau persiapkan. Sebaliknya, biarlah melalui setiap kemenangan yang kami peroleh, kami boleh memuliakan nama-Mu lebih lagi. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”