Menantikan Instruksi Yang Jelas Dari Tuhan [ReKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 94-96
Roma 15:14-33

BACAAN HARI INI

Yosua 5:10-15

RHEMA HARI INI

Yosua 5:14 Jawabnya: “Bukan, tetapi akulah Panglima Balatentara TUHAN. Sekarang aku datang.” Lalu sujudlah Yosua dengan mukanya ke tanah, menyembah dan berkata kepadanya: “Apakah yang akan dikatakan tuanku kepada hambanya ini?”

Mata Toto berbinar-binar saat membuka kadonya. Orangtuanya memberikan mainan robot-robotan yang dirakit sendiri sebagai hadiah ulang tahun ke-6. Gambar robot di bagian depan dusnya terlihat sangat gagah. Segera saja Toto membawanya ke kamar dan membongkar isi kotak mainan itu. Ia pun mencoba merakit robotnya sesuai dengan gambar yang ia lihat pada cover dus. Sejam kemudian, terdengar ledakan tangis dari kamar Toto. Saat orangtuanya berlari masuk ke kamarnya, mereka mendapati robot-robotan yang tak berbentuk di hadapan Toto. Mereka pun melihat bahwa lembaran instruksi untuk merakit robot tersebut masih terlipat rapi dalam dus. Ternyata, Toto telah menyusun mainan itu dengan caranya sendiri.

Saat Tuhan memberikan sebuah visi kepada kita, kita pun telah diperlengkapi dengan segenap potensi untuk mewujudkannya. Namun, sering kali kita lupa bahwa tanpa instruksi yang jelas dan mengikutinya langkah demi langkah, kita bisa salah arah. Bahkan, langkah yang kita anggap benar pun dapat berakibat fatal dan menjauhkan kita dari visi Tuhan.

Ya, meski kita sudah mendapatkan visi atau mandat dari Tuhan untuk menyelamatkan jiwa, bahkan membebaskan bangsa kita dari kegelapan, kita tetap membutuhkan petunjuk untuk menjalankannya. Tuhan pun tak akan membiarkan kita berjalan sendirian. Sama seperti yang Dia lakukan bagi Yosua yang melayangkan pandang pada tembok Yerikho dan bertanya-tanya bagaimana cara ia menerobos tembok pertahanan yang begitu kokoh, Tuhan sendiri yang akan datang dan memberikan rhema kepada kita untuk menaklukkan semua tantangan yang akan kita hadapi. Oleh sebab itu, nanti-nantikanlah Tuhan dan berjalanlah sesuai tuntunan-Nya, maka setiap langkah yang kita ambil adalah langkah-langkah yang berkemenangan. (MV.L)

RENUNGAN

Dalam SETIAP PEPERANGAN, kita membutuhkan INSTRUKSI YANG JELAS dari PANGLIMA PERANG.

APLIKASI

1. Apakah visi atau mandat yang Tuhan berikan dalam hidup Anda secara pribadi?
2. Mengapa Anda membutuhkan instruksi yang jelas dari Tuhan?
3. Bagaimana Anda bisa mendapatkan instruksi yang jelas dari Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, terima kasih karena Engkau bukanlah Allah yang membiarkan kami berjuang seorang diri. Engkau yang memberikan mandat, Engkau yang memperlengkapi, dan Engkau jugalah yang akan memberikan kami instruksi yang jelas serta menuntun kami langkah demi langkah. Kami percaya, apa pun yang kami lakukan akan berbuah lebat dan membawa kemuliaan bagi nama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”