HIKMAT UNTUK MEMBANGUN KELUARGA BAHAGIA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yes 47-49
1 Tesalonika 4

RHEMA HARI INI
Amsal 24:3 Dengan hikmat rumah didirikan, dengan kepandaian itu ditegakkan

Dulu saat Felis masih menjalin hubungan dengan kekasihnya, ia berpikir bahwa untuk membangun sebuah rumah tangga yang diperlukan hanyalah cinta. Saat itu ia masih muda dan idealis. Ia pikir cinta yang kuat akan sanggup mengatasi segalanya. Namun, ketika Felis akhirnya menikah, ia menemukan banyak kejutan baru dalam hidup berumah tangga. Apa yang dulunya tampak ringan dan mudah diatasi saat mereka berpacaran, kini menjadi sebuah masalah yang rumit dan memancing perdebatan. Cinta yang dianggapnya sebagai senjata pamungkas terhebat, ternyata tidak memenuhi harapannya. Setelah sekian lama berumah tangga, Felis pun menyadari bahwa ada hal lain yang sangat penting dan vital untuk membangun sebuah keluarga yang bahagia, yaitu hikmat.

Hikmat adalah kemampuan kita untuk menilai sebuah situasi dengan benar dan kemudian mengambil tindakan yang tepat untuk situasi tersebut. Dengan hikmat, kita tidak akan mudah terpancing untuk bereaksi hanya dengan sedikit informasi yang kita dengar atau ketahui. Hikmat akan membuat kita bisa menahan diri, bahkan mau berkorban untuk kebaikan keluarga. Kita jadi bisa menimbang, melihat, dan berpikir dari berbagai sudut pandang, sehingga kita dapat memahami serta mengatasi sumber masalah yang sebenarnya. Tidak hanya berdasarkan emosi sesaat yang terkadang membuat masalah justru semakin meruncing.

Memang benar bahwa kasih tetaplah kunci yang paling utama dalam sebuah pernikahan atau hubungan. Namun dari ayat rhema kita hari ini, kita belajar bahwa selain kasih kita juga membutuhkan hikmat, kepandaian, dan pengertian. Tanpa hal-hal ini, akan sulit bagi kita untuk mempertahankan kebahagiaan dalam keluarga. Oleh karena itu, mari para wanita, mintalah hikmat kepada Tuhan. Minta hikmat ilahi untuk menyelesaikan kesalahpahaman, bagaimana mengelola keuangan keluarga dengan bijaksana, dan membangun suasana yang menyenangkan dalam keluarga. Wanita yang berhikmat akan bisa memaksimalkan potensi seluruh anggota keluarga, dan ini merupakan peran penting seorang wanita dalam keluarga. (PF)

RENUNGAN
HIKMAT adalah KUNCI membangun KELUARGA BAHAGIA.

APLIKASI
1. Menurut Anda, apa kunci membangun keluarga yang bahagia selama ini?
2. Mengapa Anda perlu hikmat untuk membangun keluarga bahagia?
3. Bagaimana supaya Anda bisa mendapat hikmat yang Anda perlukan untuk membangun keluarga Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih Engkau selalu mengajarkan kepada kami apa saja yang kami perlukan untuk mencapai hidup yang bahagia di bumi ini. Berilah kami hikmat dalam membangun keluarga kami. Beri kami, para wanita, kekuatan untuk berdiri teguh. Menjadi penolong, ibu bijak, dan wanita yang berhikmat dalam keluarga yang telah Engkau percayakan kepada kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”