GAMBAR DIRI KITA DI TANGAN SANG PENCIPTA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

2 Samuel 3-5
Lukas 14:25-35

BACAAN HARI INI
Yesaya 43:1-5

RHEMA HARI INI
Yesaya 43:4 Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu.

Sebuah lukisan bisa memiliki harga yang sangat fantastis, tetapi bisa juga tidak memiliki nilai jual sama sekali. Semua itu bergantung pada tangan siapa yang menciptakan karya seni tersebut. Sebagai contoh, lukisan karya Banksy berjudul “Girl With Balloon” ditawarkan dalam suatu acara lelang di Inggris tahun 2018 lalu. Lukisan tersebut pada awalnya diletakkan di dalam sebuah bingkai yang dipampang di dinding. Saat proses lelang dimulai, secara perlahan, lukisan diturunkan dari dalam bingkai itu. Sementara itu, di bawah bingkai tersebut terletak sebuah mesin penyobek kertas. Sehingga ketika mesin penyobek kertas itu mulai merobek sedikit demi sedikit lukisan tersebut, para peserta lelang pun dibuat ketakutan. Sampai saat akhirnya palu diketok, lukisan tersebut sudah tersobek-sobek lebih dari setengahnya. Meski demikian, dalam proses pelelangan yang sangat dramatis tersebut, lukisan tersebut berhasil terjual dengan nilai 27 miliar rupiah.

Sesaat setelah lukisan tersebut berhasil terjual, sang pelukis segera mengganti nama lukisan yang sudah tersobek-sobek setengahnya itu menjadi “Love is in the Bin”. Seorang kepala seni kontemporer bernama Branczik mengatakan bahwa Banksy tidak menghancurkan karya seninya sendiri, tetapi ia sedang menciptakan sebuah karya seni baru di tengah berjalannya acara lelang. Dengan demikian, ia pun berhasil mencetak sejarah saat pertama kalinya sebuah karya seni diciptakan dengan begitu mengejutkan di tengah berlangsungnya acara lelang

Peristiwa di atas sangat mirip dengan bagaimana Tuhan menciptakan kita. Dia menciptakan kita serupa dan segambar dengan-Nya. Namun, terkadang, pengalaman pahit di masa lalu dapat merusak gambar diri kita. Kabar gembiranya adalah, nilai kita tidak ditentukan dari apa yang telah kita alami di masa lalu. Karena di tangan Tuhan, gambar diri yang rusak pun dapat dipulihkan-Nya dan diubahkan-Nya menjadi sebuah karya yang indah dan tidak ternilai harganya. Demikianlah Tuhan sanggup memberikan kesembuhan total atas segala luka batin kita dan membangkitkan rasa percaya diri ilahi dalam diri setiap kita.

RENUNGAN
Tuhan kita adalah Tuhan YANG SUKA memulihkan GAMBAR DIRI dan PERCAYA DIRI umat-Nya.

APLIKASI
1. Bagaimanakah Anda menilai gambar diri Anda sendiri?
2. Menurut Anda, apakah yang membuat seseorang dapat kehilangan gambar diri dan percaya dirinya?
3. Renungkanlah, mengapa Tuhan suka memulihkan gambar diri umat-Nya?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, terima kasih Engkau telah mengangkat kami, dari masa lalu yang gelap kepada terang-Mu yang ajaib. Terima kasih karena gambar diri kami yang rusak telah Engkau pulihkan dan Englau ubahkan menjadi sesuatu yang mulia di hadapan-Mu. Sehingga kami dapat Engkau pakai untuk Kerajaan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”