RAHASIA MERESPONI SEGALA KEADAAN DENGAN POSITIF (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Imamat 19-20
Matius 27:51-66

BACAAN HARI INI
Mazmur 25:12-22

RHEMA HARI INI
Mazmur 25:14 TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka.

“Semuanya telah hilang, tidak ada harapan lagi,” kata seorang pria kepada Norman Vincent Peale, penulis buku ‘The Power of Positive Thinking’. Norman tersenyum penuh simpati dan mengambil kertas. Ia menggambar garis tegak di tengah halaman, dan menulis di kolom kiri, “yang hilang,” lalu “yang tersisa,” pada kolom kanan. “Kita tidak perlu mengisi yang sebelah kanan. Aku tidak punya apa-apa lagi,” Kata pria itu. “Lalu kapan kau bercerai dengan istrimu?” tanya Norman. “Hei, apa maksudmu? Aku tidak bercerai dari isteriku. Ia sangat mencintaiku.” Norman pun berkata, “Baik, itu kita catat di kolom kanan. Nah sekarang, kapan anakmu meninggal dunia?” Setelah itu ia melanjutkan beberapa pertanyaan berikutnya dengan pola serupa. Akhirnya pria itu berhasil tersenyum dan berkata, “Menarik sekali, segala sesuatu menjadi berbeda ketika kita bisa meresponi keadaan dengan optimis.”

Bagaimana keadaan kita saat ini? Apakah pandemi COVID-19 sudah menghancurkan hidup dan hanya menyisakan keputusasaan? Dalam Alkitab, kita bisa menemukan kisah Nuh setelah air bah surut. Saat ia keluar dari bahtera, ia menemukan bumi porak-poranda. Tidak ada yang tersisa lagi. Namun Nuh adalah orang yang bergaul karib dengan Tuhan. Ia tahu Tuhan tidak akan membiarkannya celaka dan punya rencana yang indah.

Sekalipun keadaan sangat hancur, ia bergerak untuk membangun kembali kehidupannya di bumi. Masalah memang banyak, tetapi ia bangkit dan berani mencoba hal yang baru. Ia tidak takut gagal! Sebelum Nuh, tidak pernah ada orang yang terpikir untuk mencoba membuat kebun anggur. Namun Nuh berani melakukan sesuatu yang out of the box di zamannya. Semuanya justru terjadi paska kehancuran dunia yang sangat mengerikan! Demikian pula dengan kita. Saatnya sekarang kita melangkah dengan optimis. Percayalah, kita akan temukan terobosan ketika kita berani bangkit dan mulai membangun kembali kehidupan kita. Andalkan Tuhan dalam setiap langkah kita, maka Tuhan akan memunculkan pelangi kemuliaan bagi kita.

RENUNGAN
Orang yang BERGAUL KARIB dengan Tuhan bisa MERESPONI segala keadaan dengan OPTIMIS.

APLIKASI
1. Bagaimanakah kondisi pergaulan Anda dengan Tuhan?
2. Mengapa pergaulan Anda dengan Tuhan dapat mempengaruhi respons Anda terhadap segala keadaan yang terjadi?
3. Bagaimana Anda bisa meningkatkan hubungan Anda dengan Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, ampuni kami apabila selama ini kami membiarkan segala kesibukan dan situasi kondisi menjauhkan kami dari-Mu. Ajar kami untuk kembali mendekat kepada-Mu, agar kami bisa semakin mengenal-Mu dan memperoleh keberanian untuk bangkit kembali serta membangun kehidupan kami yang telah porak-poranda. Kami percaya, pelangi kemuliaan-Mu telah Engkau sediakan bagi kami ketika kami mau bangkit. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”


Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!