TENGGELAM SESAAT UNTUK NAIK LEBIH CEPAT LAGI (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Kejadian 41-42
Matius 12:1-23

RHEMA HARI INI
Yesaya 54:7 Hanya sesaat lamanya Aku meninggalkan engkau, tetapi karena kasih sayang yang besar Aku mengambil engkau kembali.

Katapel adalah sebuah permainan sederhana yang bisa dimainkan siapa saja dan kapan saja. Walau di beberapa negara, ketapel dibuat dengan bahan yang berbeda-beda, tetapi konsep memainkannya tetaplah sama. Katapel memiliki beberapa elemen yang berfungsi untuk melempar sesuatu sejauh mungkin. Untuk bisa berfungsi dengan baik, katapel harus memiliki masa dan berat batu dengan seimbang, agar lebih jauh lemparannya. Elemennya sendiri terdiri dari penyangga kayu yang berbentuk menyerupai huruf “Y”, dan di antara dua titik huruf “Y” tersebut bersangga dua tali kuat yang telah diikat dua sisinya dengan seutas bahan kulit yang siap melempar batu ke titik sasaran.

Jika kita analogikan elemen katapel ini dengan hidup manusia, kayu berbentuk huruf “Y” itu adalah diri kita. Talinya adalah proses perjalanan hidup kita. Seuntai kulit bahan dengan batu itu adalah beban hidup atau permasalahannya. Semakin rendah titik dalam hidup maka akan semakin tinggi lambungannya. Sama seperti ketapel. Ketika kayu pegangannya kuat, tali yang ditarik semakin rendah, maka lemparan batu akan semakin melambung tinggi dan jauh.

Ketika kita cukup kuat untuk menghadapi masa terendah dalam hidup, maka lambungan diri kita akan semakin tinggi. Karena di balik pribadi kuat yang sudah melewati titik terendah, maka kita akan siap untuk melangkah lebih tinggi dari sebelumnya. Angkat pandangan kita dan fokuslah kepada Tuhan. Apa pun yang kita hadapi saat ini, tetaplah percaya bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi kita. Ketika kita diizinkan untuk menghadapi badai dan tenggelam, yakinlah bahwa itu hanya untuk sesaat saja. Semata-mata untuk mempersiapkan kita untuk naik lebih cepat dan lebih tinggi lagi, sampai kita tidak lagi bisa ditenggelamkan oleh berbagai macam masalah hidup.

RENUNGAN
Ketika kita DIIZINKAN TUHAN TENGGELAM, biarlah itu hanya SESAAT dan semata-mata untuk mempersiapkan kita NAIK LEBIH CEPAT lagi.

APLIKASI
1. Apakah saat ini Anda merasa hidup Anda sedang tenggelam? Apa yang Anda rasakan?
2. Menurut Anda, mengapa Tuhan mengizinkan kita tenggelam untuk mempersiapkan kita naik lebih cepat lagi?
3. Komitmen apa yang akan Anda ambil agar tetap dapat bertahan ketika Tuhan izinkan untuk tenggelam sesaat?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami mengucap syukur untuk kebaikan dan kemurahan-Mu. Kami melihat bagaimana perbuatan baik-Mu yang begitu berlimpah bagi kami. Ajar kami untuk tetap memandang-Mu, karena kami yakin Engkau senantiasa mempersiapkan kami untuk naik lebih cepat dari sebelumnya. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami bedoa. Amin.”