KARAKTER UTAMA ROH KUDUS (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Nehemia 12-13
Kisah Para Rasul 22:23-47

RHEMA HARI INI
1 Petrus 1:15-16 tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu, sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.

Menurut ilmu psikologis, ada empat karakter dasar manusia: Sanguin, Plegmatis, Koleris, dan Melankolis. Orang-orang Sanguin cenderung memiliki karakter utama yang ceria dan periang. Biasanya mereka adalah tipe pribadi yang mudah bergaul, membuat suasana menjadi hangat, serta cenderung humoris. Plegmatis dikenal sebagai orang yang tenang. Karakter utama dari Plegmatis adalah pecinta damai. Biasanya orang dengan karakter Plegmatis dikenal sebagai pribadi yang sabar dan lemah lembut. Berbeda dengan Koleris, karena orang Koleris dikenal dengan karakter utamanya yang cenderung keras dan tegas. Namun orang-orang Koleris cenderung memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. Lalu yang terakhir adalah Melankolis. Orang-orang Melankolis memiliki karakter utama yang cenderung lebih sensitif.

Apabila karakter utama manusia dibedakan menjadi berbagai macam menurut ilmu psikologis, tetapi berbeda dengan Roh Kudus. Karakter utama dari Roh Kudus hanya satu saja, sesuai namanya yaitu kudus. Ya, Roh Kudus dikenal karena kekudusannya, sebab itulah karakteristik yang paling mendasar dari Pribadi-Nya. Artinya, Dia adalah Pribadi yang suci, murni, dan tanpa cela. Tidak ada kekotoran, hal negatif, apalagi kejahatan dalam pribadi-Nya. Karena sifat dasarnya itulah, tidak akan mungkin Dia merancangkan hal yang jahat atas kehidupan kita.

Dalam hidup, sering kali kita mengalami pengalaman-pengalaman yang tidak mengenakkan. Namun percayalah bahwa semuanya itu tidak ada yang dimaksudkan untuk mencelakakan kita. Karena Allah senantiasa turut bekerja dalam segala hal untuk mendatangkan kebaikan bagi kita yang mengasihi Dia (Rm. 8:28). Tetap yakini bahwa Roh Kudus adalah pribadi yang kudus, sehingga yang Dia rancangkan pun tentu saja berujung pada hal yang positif bagi kita. Sekalipun kita mungkin belum dapat melihatnya sekarang ini, tetapi peganglah senantiasa janji Tuhan bahwa rancangan-Nya adalah masa depan yang penuh harapan bagi setiap kita (Yer 29:11).

RENUNGAN
KARAKTER UTAMA dari Roh Kudus adalah KEKUDUSAN-NYA.

APLIKASI
1. Bagaimana Roh Kudus dari sudut pandang Anda?
2. Menurut Anda, bagaimana cara pandang kita tentang Roh Kudus dapat mempengaruhi kepercayaan kita kepada-nya?
3. Coba renungkanlah, mengapa terkadang Tuhan mengizinkan Anda diproses?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, kami percaya bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kami adalah atas seizin-Mu. Dan kami yakin bahwa tidak pernah sekalipun Engkau merancangkan kecelakaan atas kami, melainkan kebaikan serta masa depan yang gilang-gemilang bagi setiap kami. Kami mau senantiasa berpegang penuh kepada janji-Mu yang ya dan amin. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”