RESPONS YANG BENAR ATAS PROSES PRUNING DALAM HIDUP KITA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yehezkiel 5-7
Ibrani 12

RHEMA HARI INI
Pengkhotbah 11:6 Taburkanlah benihmu pagi-pagi hari, dan janganlah memberi istirahat kepada tanganmu pada petang hari, karena engkau tidak mengetahui apakah ini atau itu yang akan berhasil, atau kedua-duanya sama-sama baik.

Dalam budidaya anggur, pemangkasan atau pruning adalah kunci utama untuk mendapatkan hasil yang optimal. Pruning pada tanaman anggur dilakukan dengan menggunduli tanaman anggur tersebut dari beberapa daun-daun dan rantingnya. Ini adalah teknik memanipulasi tanaman anggur untuk membuat tanaman anggur seolah-olah seperti di tempat asalnya yang beriklim sub tropis. Karena saat musim gugur, seluruh daunnya rontok. Namun, saat musim semi, mereka akan tumbuh dengan cluster bunga yang baru. Dengan melakukan pemangkasan tersebut, tidak hanya membantu tanaman anggur untuk berbuah, tetapi juga sekaligus menata bentuk tanaman agar berkembang sesuai dengan keinginan sang pemiliki tanaman.

Pada masa pruning, petani akan memangkas, memotong, dan membersihkan daun atau ranting yang sudah mulai tidak rapi. Bagi tanaman tersebut pasti tidak nyaman dan sakit, karena beberapa bagian tubuhnya harus dipotong dan dipangkas. Jika mereka memiliki perasaan, pasti mereka akan merasa tidak terima, kecewa, bahkan marah terhadap sang petani. Namun, jika kita perhatikan, hasil akhir yang didapat adalah tanaman akan bertumbuh dengan baik, berbuah lebat, daun dan rantingnya juga akan lebih teratur serta indah dipandang. Dapatkah kita bayangkan bagaimana jika sebuah tanaman menolak saat akan di pruning?

Ya, tanaman tersebut akan tumbuh dengan liar, tidak terarah, buah yang dihasilkan pun tidak akan maksimal. Sama halnya dengan sebuah tanaman, Tuhan pun sering melakukan pruning atas kita, agar hidup kita semakin terarah, menjadi lebih baik, dan menghasilkan buah yang lebat. Dibutuhkan pertolongan Roh Kudus untuk dapat meresponi dengan benar masa pruning ini, karena segala proses yang Tuhan izinkan tejadi semata-mata karena Tuhan begitu memperhatikan dan menginginkan kehidupan kita bertumbuh dengan baik. Mintalah tuntunan Roh Kudus agar dapat melihat kebaikan Tuhan atas setiap peristiwa atau kejadian yang kita alami. Sehingga kita dapat menjalaninya dengan penuh ucapan syukur dan tetap percaya pada Tuhan. Maka melalui hidup kita, nama Tuhan akan semakin dipermuliakan.

RENUNGAN
RESPONS kita dalam masa PRUNING sangat MENENTUKAN pruning BERHASIL atau GAGAL.

APLIKASI
1. Apa yang membuat kita gagal meresponi masa pruning dengan benar?
2. Menurut Anda, mengapa respons kita sangat menentukan masa pruning kita berhasil atau gagal?
3. Langkah-langkah apa yang akan Anda ambil agar kita dapat meresponi masa pruning dengan benar? Tuliskan!

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, kami percaya kehendak-Mu yang terbaik atas hidup kami. Jamah hati kami agar memiliki hati yang mudah diajar oleh Roh Kudus. Sehingga kami dapat meresponi masa pruning kami dengan benar, dan hidup kami akan terus bertumbuh dalam iman dan berbuah lebat bagi kerajaan-Mu.
Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”