RAHASIA AGAR TIDAK TENGGELAM DALAM BEBAN YANG BERLEBIH (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Kejadian 43-45
Matius 12:24-50

RHEMA HARI INI
Mazmur 18:23-24 aku berlaku tidak bercela di hadapan-Nya, dan menjaga diri terhadap kesalahan. Karena itu TUHAN membalas kepadaku sesuai dengan kebenaranku, sesuai dengan kesucian tanganku di depan mata-Nya.

Thomas Alva Edison. Masa kecilnya dipenuhi dengan nilai buruk saat bersekolah. Bahkan ia sampai harus dikeluarkan dari sekolahnya, sehingga ibunya terpaksa mengajarinya sendiri di rumah. Tak disangka, Edison kecil justru dapat membaca buku-buku ilmiah dewasa dan mulai mengadakan berbagai percobaan ilmiah sendiri. Tahun 1874, Edison membuat bengkel ilmiah yang besar dan yang pertama di dunia. Pengalaman bekerja sebagai operator telegraf mendorongnya untuk menciptakan mesin telegraf baru yang lebih baik. Namun kebakaran besar memusnahkan Edison Industries beserta sebagian besar karyanya.

Tiga minggu setelah kebakaran itu, Edison mampu bangkit lagi dan menciptakan fonograf yang pertama. Selanjutnya ia menciptakan lampu listrik, kemudian proyektor, dan masih banyak lagi. Memegang 1.093 hak paten atas namanya, Edison adalah seorang pencipta paling produktif. Thomas Alva Edison boleh ditenggelamkan gurunya dengan dikeluarkan dari sekolah, tetapi kepandaiannya justru semakin menonjol. Kebakaran besar menenggelamkan perusahaan dan karyanya, tetapi Edison malah semakin sukses dan menghasilkan karya yang spektakuler.

Tidak berbeda jauh dari kisah Edison, Daud adalah seorang yang tidak bisa tenggelam karena masalah-masalah pelik yang dihadapinya. Berkali-kali ia menghadapi bahaya maut, nyawanya diincar para musuhnya, Saul pun mengejarnya. Namun setiap kalinya, Tuhan melepaskannya. Semua itu karena Daud menjaga perbuatannya sesuai dengan perintah Tuhan. Ia bahkan tidak menyentuh Saul yang diurapi Tuhan ketika kesempatan itu datang kepadanya. Tidaklah heran bila perkenanan Tuhan selalu ada atasnya dan Daud selalu diangkat semakin tinggi dan tinggi lagi. Oleh karena itu, jika kita rindu tidak mudah tenggelam dalam beban dan masalah, layangkanlah mata kepada Tuhan dan milikilah hidup yang benar, murni, dan berintegritas. Persoalan apa pun tidak akan membuat kita tenggelam, tetapi masalah dan pencobaan itu malah akan menjadi batu loncatan bagi kita sehingga kita muncul sebagai pemenang.

RENUNGAN
Rahasia orang yang hidupnya TIDAK BISA TENGGELAM adalah hidup BENAR, MURNI, DAN BERINTEGRITAS.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda memiliki kehidupan yang benar, murni, dan berintegritas?
2. Menurut Anda, mengapa hidup benar, murni, dan berintegritas menjadi rahasia agar hidup tidak mudah tenggelam atas beban hidup kita?
3. Komitmen apa yang akan Anda ambil agar kita menjadi pribadi yang lebih kuat dan tidak mudah tenggelam? Tuliskan.

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami percaya apa pun situasi yang sedang kami hadapi saat ini adalah rencana-Mu yang terbaik bagi kami. Ajar kami agar dapat memiliki hidup benar, murni, dan beritegritas Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”