ALASAN MULIA DI BALIK KERASNYA PROSES HIDUP (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Ester 1-2
Kisah Para Rasul 5:1-21

RHEMA HARI INI
Roma 8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Liburan itu seharusnya menyenangkan. Coryn hendak mengunjungi perkebunan zaitun sahabatnya di Italia. Namun, saat tiba di sana, kegembiraan telah meninggalkan hatinya. Bukannya berkeliling menikmati pemandangan, ia malah berkeluh kesah. “Aku tidak mengerti … bukankah Tuhan menjanjikan kebaikan bagi anak-anak-Nya? Tapi kenapa setahun ini hidupku penuh derita? Pertama, aku dimutasi ke cabang yang lebih kecil dan jabatanku diturunkan. Lalu ayahku tiba-tiba meninggal. Tunanganku direbut temanku sendiri. Dan aku harus menanggung hutang keluarga yang entah kapan bisa terlunasi. Meski aku sudah berusaha mempertahankan imanku, rasanya tidak ada hal baik yang terjadi.”

Mendengarkan semua itu, sahabat Coryn berkata, “Wah, kau datang ke tempat yang tepat. Ayo, aku perlihatkan sesuatu kepadamu.” Kemudian mereka pergi ke pabrik minyak zaitun. Di sana, Coryn diperlihatkan proses produksinya. Pertama, buah-buah zaitun dibersihkan dan digiling dengan roda-roda batu granit yang besar. Lalu bubur yang terbentuk ditebarkan di atas cakram-cakram berbahan serat. Cakram-cakram ini lalu ditumpuk dan ditekan dengan mesin. Di situlah minyak dan air terperas keluar lalu dipisahkan. Namun, minyaknya masih keruh. Setelah melalui proses pemfilteran, barulah minyak zaitun menjadi jernih. Tatkala mengambil minyak yang telah jernih dalam botol, sahabat Coryn berkata, “Kau lihat, minyak zaitun itu penuh dengan kebaikan, tetapi sebelumnya, buah zaitun harus melalui berbagai proses yang tidak mudah.”

Seperti itu jugalah Tuhan memproses hidup kita. Saat kita harus mengalami berbagai hal tidak mengenakkan, bukan berarti Tuhan menutup mata-Nya. Justru, Tuhan tengah mengawasi setiap hal yang terjadi atas kita. Dia ingin memastikan setiap proses yang kita lalui berlangsung sesuai dengan rencana-Nya, yaitu memurnikan kita. Di tahun Roh Kudus ini, Tuhan ingin memastikan setiap langkah kita selaras dengan-Nya. Sebab, kekudusan Roh Kudus tidak memungkinkan-Nya berjalan bersisian dengan dosa dan motivasi-motivasi yang tidak murni dalam diri kita. (MV.L)

RENUNGAN
Ketika kita DIIZINKAN mengalami sebuah proses, PERCAYALAH bahwa hal itu untuk MEMBAWA KEBAIKAN.

APLIKASI
1. Proses hidup apa sajakah yang tengah menyulitkan Anda saat ini?
2. Bagaimana Anda memandang dan menyikapi proses tersebut selama ini? Mengapa Anda perlu melalui semua proses tersebut?
3. Bagaimana Anda bisa melibatkan Roh Kudus lebih lagi dalam proses hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih karena Engkau selalu ada dalam setiap proses hidup kami. Tak sekali pun Engkau meninggalkan maupun membiarkan kami. Tak peduli seberapa berat dan menyakitkannya proses hidup kami, kami mau tetap memandang-Mu dan memegang janji-Mu. Sebab Engkaulah Allah yang sanggup, mendatangkan kebaikan melalui segala sesuatu yang kami hadapi. Tuntunlah kami, Roh Kudus, dan biarlah kami melihat kemuliaan yang hendak Engkau nyatakan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”