BUKTI NYATA TUHAN MENGASIHI KITA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yehezkiel 8-10
Ibrani 13

RHEMA HARI INI
1 Tesalonika 5:18 Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

“Yobel, ibu mau ambil daun jeruk untuk bikin sambel terasi,” ucap sang ibu. Dengan penuh semangat, Yobel menjawab, “Aku ikut, Bu!” Mereka pun berjalan menuju kebun yang terletak di area umum kompleks tempat mereka tinggal. Sang ibu menunjukkan kepada Yobel, ada satu tanaman yang daunnya begitu banyak, tetapi buah yang dihasilkan hanya sedikit. “Ambilkan pisau ya, kita pangkas beberapa daun dan ranting yang mulai tidak teratur ini,” ungkap sang Ibu. “Lho kenapa, Bu?” tanya Yobel. “Tanaman yang terlalu banyak daun, terkadang pertumbuhannya tidak bisa maksimal, jadi buah yang dihasilkan pun tidak banyak,” jawab sang ibu.

Kehidupan kita tidak berbeda jauh dengan tanaman, karena kita pun, manusia, sering kali juga dipangkas dari hal-hal yang membuat kita tidak dapat berbuah. Cara Tuhan memangkas daun dan ranting dalam hidup kita pun pasti berbeda antara satu dengan yang lain, tidak akan sama. Dalam pelayanan misalnya, sering kali ada gesekan antar pelayan, tetapi situasi ini membuat kita belajar untuk memiliki sikap yang lemah lembut dan mudah mengampuni. Begitu pula saat ada masalah dalam keluarga, yang kita lihat bahwasannya hubungan suami-istri yang benar adalah untuk mengajarkan konsep melayani dan membangun keintiman satu dengan yang lain. Juga untuk hal-hal yang menyangkut sakit-penyakit dan luka batin dalam hidup kita, yang pada akhirnya membuat kita mengalami mujizat kesembuhan dalam hidup kita.

Sebab hidup kita adalah milik Kristus, buah yang kita hasilkan pun harus seturut dengan rencana-Nya. Mengucap syukur adalah kunci utama dalam proses pruning rohani kita. Apa pun keadaan kita, saat hati dan pikiran kita dipenuhi rasa syukur, banyak perkara ajaib, bahkan tangan Tuhan turut bekerja mengubah proses yang seolah pahit menjadi manis. Itu sebabnya, pada dasarnya Tuhan melakukan pruning dalam hidup kita adalah sebagai bukti kasih Tuhan atas kita. Agar Dia dapat menyingkirkan hal-hal yang tidak perlu dalam hidup kita, sehingga kita pun dapat berbuah lebih lebat lagi.

RENUNGAN
Masa pruning harus kita LEWATI dengan UCAPAN SYUKUR, itu berarti TUHAN MENGASIHI KITA.

APLIKASI
1. Pernahkah Anda melalui masa pruning dalam hidup Anda? Apa dampak yang Anda rasakan?
2. Menurut Anda, mengapa masa pruning sebagai bukti bahwa Tuhan mengasihi kita?
3. Langkah-langkah apa yang akan Anda ambil untuk dapat tetap bersyukur pada saat masa pruning? Tuliskan.

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, ajarkan kami untuk selalu mengucap syukur dalam mengikuti proses-Mu. Ampuni kami jika sering kali kami menggerutu dan mengeluh atas apa yang terjadi dalam hidup kami. Ajarkan kami, ya Roh Kudus, untuk senantiasa berjalan sesuai kehendak Tuhan, agar hidup kami berbuah lebat bagi kemuliaan nama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”