Tuhan Yang Membimbing Setiap Pribadi Lepas Pribadi [ReKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 100-102
1 Korintus 1

BACAAN HARI INI

Keluaran 15:1-18

RHEMA HARI INI

Keluaran 15:13 Dengan kasih setia-Mu Engkau menuntun umat yang telah Kautebus; dengan kekuatan-Mu Engkau membimbingnya ke tempat kediaman-Mu yang kudus.

Bila Rinta merenungkan kembali perjalanan hidupnya, penyertaan dan bimbingan Tuhan sangat dirasakannya. Ia teringat ketika baru menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, hal yang paling sulit baginya adalah mengampuni. Kala itu pernikahan Rinta diambang kehancuran. Dalam sebuah pertengkaran hebat, Rinta yang sudah gelap mata hendak meledakkan seluruh kemarahannya dengan kekuatan penuh. Ia tak peduli lagi hasil akhirnya. Namun sebuah suara yang sangat tegas dan jelas, terdengar persis di telinganya, “Minta maaf!”

Alih-alih meledak, otoritas dalam suara itu membuat Rinta, tanpa sempat berpikir, seketika meminta maaf pada suaminya. Walaupun hati dan otak belum bisa menerima, mengapa justru ia yang harus minta maaf. Namun setelah itu Tuhan mulai memulihkan pernikahan Rinta. Meskipun tidak serta merta Rinta bisa mengampuni, tetapi Tuhan terus membimbingnya. Dengan sabar Tuhan memberi pembukaan dan pewahyuan, hingga akhirnya lewat perumpamaan hamba yang berhutang sepuluh ribu talenta (Mat. 18:23-35), Rinta bisa melepaskan pengampunan.

Tuhan kita tidak pernah berubah. Dia Tuhan yang memberi instruksi dengan sangat jelas pada tokoh-tokoh Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, Dia juga Tuhan yang sudah membimbing gereja kita sampai seperti sekarang ini. Tuhan yang sama, dengan kasih setia-Nya, mau membimbing kita pribadi lepas pribadi. Dia ingin membimbing kita secara personal dan spesifik menurut kebutuhan kita masing-masing, supaya setiap kita mengalami terobosan besar dalam setiap aspek kehidupan. Mintalah agar kepekaan kita dipertajam, sehingga kita bisa mengerti instruksi Tuhan dengan jelas. Bukan hanya untuk diri kita pribadi, tapi juga untuk menjawab mandat membebaskan bangsa kita dari segala bentuk kegelapan. Agar kita bisa menjadi agen pembawa terang Kemuliaan Tuhan dalam hidup mereka yang sedang terkurung dalam kegelapan. (PF)

RENUNGAN

TUHAN YANG SAMA, yang sudah MEMBIMBING gereja-Nya, pasti juga akan membimbing hidup kita PRIBADI LEPAS PRIBADI.

APLIKASI

1. Sudahkah Anda bisa mengerti instruksi dari Tuhan dengan jelas atas hidup Anda? Mengapa?
2. Sudahkah Anda melaksanakannya? Jika belum, apa yang menghambat Anda?
3. Bisa dimulai dari hal kecil, coba pikirkan apa yang bisa Anda lakukan untuk membawa terang bagi yang sedang dalam kegelapan?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, terima kasih untuk kasih setia-Mu yang besar dalam membimbing kami. Kesabaran-Mu membuat kami akhirnya bisa melihat dan mengalami terang Kemuliaan-Mu dalam hidup kami. Tambah-tambahkan kepekaan kami, Tuhan, sehingga kami bisa mengerti setiap petunjuk-Mu dengan jelas dan melaksanakannya sesuai dengan yang Engkau mau. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”