AKIBAT BANGKITNYA API ROHANI DALAM HIDUP KITA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Imamat 23-24
Markus 1:1-22

RHEMA HARI INI
Roma 12:11 Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.

Hidup dalam pergaulan yang salah dan juga terjebak dalam pekerjaan yang berhubungan dengan dunia malam membuat Edy berakhir di dalam penjara. Itulah titik terendah sepanjang perjalanan hidupnya. Padahal, ia berasal dari keluarga yang berpendidikan dan cukup terpandang. Namun, perbuatannya jelas mencoreng nama baik keluarganya. Ia pun terpuruk sambil meratapi kesalahannya dan karena telah menyebabkan kesedihan bagi ibu dan istrinya.

Menyadari kesalahannya, Edy bertekad memperbaiki diri selama menjalani masa hukuman. Di dalam penjara, ia ikut aktif dalam kegiatan kerohanian dan beberapa waktu kemudian ia mulai ikut melayani. Edy pun menemukan cinta mula-mulanya kepada Tuhan dan ia begitu bersemangat mencari Tuhan. Hingga suatu kali, ia mendapatkan remisi atau pengurangan hukuman, sehingga ia bebas sebelum waktu yang seharusnya. Ia bersyukur bisa kembali berkumpul dengan keluarganya dan tetap menyala-nyala mencari Tuhan. Kebiasaan merokok dan minum minuman keras pun sudah berhenti dilakukannya. Kini, Edy memilih lebih mengutamakan Tuhan dan keluarganya dibanding teman-temannya. Setiap hari, Edy dan keluarganya meluangkan waktu khusus untuk membaca firman Tuhan dan berdoa bersama-sama.

Tanpa kita sadari, terkadang dalam hidup ini kita justru menyalakan api yang salah. Api kebencian, hawa nafsu, dan cinta akan uang begitu menguasai hati serta pikiran kita, sehingga kita mengesampingkan api rohani dalam hidup kita. Api yang salah menyala akan membuat kita semakin menjauh dari Tuhan dan hidup kita tidak memiliki damai sejahtera. Namun, jika kita bisa membangkitkan api yang benar, yaitu api rohani, maka hidup kita akan dipenuhi damai sejahtera, kasih, dan anugerah yang besar dari Tuhan. Oleh karena itu, singkirkanlah segala api yang salah dalam hidup kita, sehingga api rohani kita bisa semakin menyala dan berkobar-kobar. Biarkan api-Nya turun, yaitu api Roh Kudus dan membakar hidup kita sehingga kita semakin menyala-nyala dalam Tuhan. (LEW)

RENUNGAN
Bangkitnya API ROHANI akan mendatangkan ANUGERAH BESAR dalam hidup kita.

APLIKASI
1. Api apakah yang Anda bangkitkan dalam hidup Anda saat ini? Ceritakan!
2. Mengapa Anda harus membangkitkan api rohani dalam hidup Anda?
3. Bagaimana Anda bisa membangkitkan api rohani dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, saat ini kami mau membangkitkan api rohani dalam hidup kami. Kami mau membuang semua api kebencian, nafsu, dan cinta akan uang. Kiranya anugerah-Mu semakin Kau limpahkan dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”