KEGELAPAN DIGANTIKAN MENJADI TERANG [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Kejadian 46-48
Matius 13:1-30

BACAAN HARI INI
Yesaya 60:1-15

RHEMA HARI INI
Yesaya 60:2 Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang TUHAN terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu

Di Australia, lampu bertenaga surya sekarang sangat populer. Dengan harga yang tidak terlalu mahal, lampu ini bisa menyala tanpa memerlukan daya listrik. Berkat kemajuan teknologi, energi sinar matahari pada siang hari bisa disimpan dalam baterai untuk digunakan pada malam hari. Memang sinar matahari di Australia cukup konsisten. Lama sinar matahari dalam sehari berfluktuasi dengan musim, berkisar sekitar 7—8 jam sehari di Brisbane (sebelah Utara Australia), sedang di Melbourne yang berada di bagian Selatan berkisar antara 3—8 jam.

Sinar matahari adalah berkat Tuhan yang membuat semua makhluk di dunia tetap hidup. Tanpa matahari, sebagian besar dari dunia akan mengalami musim dingin dan kegelapan sepanjang masa. Sama halnya dengan dunia ini yang membutuhkan matahari, begitu pula dengan kehidupan kita yang juga membutuhkan Tuhan. Sering kali, manusia tidak sadar bahwa mereka hidup dalam kegelapan, sehingga hidup mereka semakin lama semakin terjerumus dalam jurang. Semakin dosa berkuasa dalam kehidupan manusia, tak ada lagi yang dapat dilakukan untuk terlepas darinya. Dosa serupa lumpur hisap yang menyedot kita. Semakin kita bergerak, semakin kita terjebak di dalamnya. Anak-anak Tuhan pun tak sanggup terlepas dari dosa tanpa pertolongan Tuhan.

Akan tetapi, rhema hari ini memberi kekuatan bagi kita, bahwasanya sekalipun kegelapan menutupi bumi dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa, tetapi terang Tuhan telah terbit atas kita. Ketika kita mulai menyadari dan dengan kesungguhan hati merendahkan diri di hadapan Tuhan serta mengaku dosa kita, maka saat Tuhan meniupkan pengampunan kepada kita. Segala kegelapan yang menutupi kita akan sirna dan digantikan menjadi terang. Segala kutuk, kegagalan, ketakutan, dan sebagainya yang pernah kita alami, sudah digantikan menjadi kemerdekaan dan sukacita yang sejati. Terus melangkah dan bersyukurlah karena Tuhan tidak pernah memandang hina masa lalu kita, seburuk apa pun kita.

RENUNGAN
Saat Tuhan meniupkan pengampunan, KEGELAPAN yang menutupi akan SIRNA dan DIGANTI MENJADI TERANG.

APLIKASI
1. Jika Anda merenung sejenak, adakah kegelapan yang Anda alami saat ini?
2. Menurut Anda, mengapa Tuhan rindu memberikan pegampunan dan menggantikan kegelapan kita menjadi terang?
3. Bagaimana cara Anda agar kegelapan dalam hidup Anda diubahkan menjadi terang?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, segala puji syukur kami naikkan kepada-Mu, atas segala pengorbanan dan pengampunan-Mu bagi kami. Kami percaya, karena pengampunan-Mulah kami dapat hidup dalam terang, sehingga kami merasakan kemerdekaan, damai, dan sukacita yang sejati yang daripada-Mu saja. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”