PERLINDUNGAN TUHAN ATAS ORANG BENAR (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Kejadian 43-45
Matius 12:24-50

RHEMA HARI INI
Amsal 14:32 Orang fasik dirobohkan karena kejahatannya, tetapi orang benar mendapat perlindungan karena ketulusannya

Percayakah Anda bahwa jika Tuhan di pihak kita, maka tidak ada yang bisa melawan kita? Namun untuk berada di satu pihak dengan Tuhan, dibutuhkan sikap hati, pemikiran, dan perbuatan yang sejalan dengan kebenaran yang Tuhan ajarkan. Saat itulah kita akan menjadi orang benar di hadapan Tuhan yang pastinya membuat backup Tuhan nyata dalam hidup kita.

Itulah yang dialami oleh Daud. Kita tahu bagaimana Daud sungguh-sungguh membangun dirinya untuk berada satu pihak dengan Tuhan. Tangan yang tidak tampak pun selalu ada untuk mem-backup Daud dan tidak membiarkannya celaka. Ketika ia ada di rumah ayahnya dengan perlakuan yang tidak adil, mungkin Daud pernah merasa lemah. Namun sebagai orang benar, ia tahu bahwa Tuhannya tidak pernah meninggalkannya. Ketika Daud ada dalam pengejaran Saul, ia pun selalu diluputkan. Karena sebagai orang benar, ia mengerti bagaimana tetap menjaga hati dan tidak melawan Saul sebagai otoritasnya. Itu jugalahlah yang membuat iblis tidak bisa menggoyahkannya. Bahkan ketika Daud jatuh dalam dosa bersama Batsyeba, ia bisa segera bangkit. Karena sekali lagi, sebagai orang benar, Daud tahu ada pengampunan yang disediakan saat ia sungguh-sungguh membereskan dosanya di hadapan Tuhan. Sungguh luar biasa, menjadi orang benar membuat hidup Daud tidak bisa ditengelamkan.

Hal yang sama pun berlaku atas kita semua. Percayalah bahwa jika kita bisa berada di pihak Tuhan dengan cara menjaga hidup tetap benar di mata-Nya, tangan Tuhan akan selalu ada untuk mem-backup kita. Memang jika dengan kekuatan sendiri, kita tidak akan mampu untuk tetap menjadi orang benar. Namun ketika kita melayangkan mata kepada Tuhan dan berjalan bersama-Nya, pasti kita akan dimampukan untuk memiliki hidup yang semakin dibenarkan di hadapan-Nya. Saat itulah kita akan merasakan perlindungan-Nya sempurna dalam hidup kita. Karena kebenaran-Nyalah yang menjadi benteng yang kuat, yang menjagai dan melindungi hidup kita, sehingga kita tidak bisa ditenggelamkan oleh apa pun juga. Haleluya!

RENUNGAN
Tuhan selalu MELINDUNGI orang benar dari CELAKA.

APLIKASI
1. Hal apakah yang paling sering membuat Anda mudah dirobohkan dan menjadi lemah?
2. Bagaimana cara Anda mengatasinya selama ini?
3. Komitmen apa yang bisa Anda ambil untuk terus memperjuangkan hidup benar di dalam Tuhan supaya Anda memiliki hidup yang semakin kuat? Tuliskan!

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, kami tahu kekuatan kami terbatas untuk bisa tetap menjaga hidup benar di hadapan-Mu. Kami butuh kekuatan-Mu untuk memampukan kami. Karena kami sungguh percaya bahwa siapa yang ada di dalam kebenaran-Mu, ia akan memiliki hidup yang tidak mudah ditenggelamkan. Dan kami rindu, memiliki kehidupan yang kuat sehingga nama-Mu semakin dipermuliakan di dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”