BERTUMBUH DALAM LEVEL KEKUDUSAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Ester 3-5
Kisah Para Rasul 5:22-42

RHEMA HARI INI
2 Petrus 1:5 Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan, 6 dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan, 7 dan kepada kesalehan kasih akan saudara-saudara, dan kepada kasih akan saudara-saudara kasih akan semua orang.

Sepasang suami istri mengangkat seorang pengemis untuk menjadi anaknya. Mereka membawanya pulang ke rumah mereka yang besar, bersih, dan terawat. Suami istri tersebut mulai mengajari anak itu hal-hal baru yang biasa dilakukan di rumah tersebut. Hal ini tentu saja berat bagi anak tersebut karena begitu banyak kebiasaan yang harus mulai ia tinggalkan, mengingat sebelumnya ia berasal dari lingkungan jalanan yang kotor dan tanpa aturan. Seperti cara berpakaian, duduk, berbicara, hingga cara makan pun harus diperhatikan. Jelas hal ini terasa sangat sukar bagi anak yang terbiasa hidup bebas di jalanan dan tidak mengenal aturan. Akan tetapi, mau tidak mau, hal tersebut harus dilakukan supaya ia memiliki kehidupan yang baru bersama orangtua angkatnya yang begitu mengasihinya.

Ya, membenahi atau mengubah sebuah kebiasaan memang tidaklah mudah. Namun, jika kita rindu tahun Roh Kudus juga dinyatakan dalam hidup kita, maka kita pun harus bertumbuh dalam level kekudusan kita, karena sifat utama Roh Kudus adalah KEKUDUSAN. Tahun ini menjadi tahun saat kita semua ditantang untuk NAIK KE LOTENG ATAS, mengejar kepenuhan Roh Kudus yang sudah Tuhan janjikan. Sebuah level kepenuhan yang pastinya jauh lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Karena sejauh mana level kekudusan kita, akan menentukan sebesar apa kepenuhan yang akan kita terima.

Oleh karena itu, mulailah untuk terus mengejar kekudusan itu dan berjuang agar dapat bertumbuh di dalamnya. Mari kita pangkas segala kebiasaan lama kita yang membuat manusia roh kita sukar bertumbuh. Mulai isi hari-hari kita dengan hidup senantiasa bersekutu intim dengan Tuhan, dengan rajin mengikuti Pondok Daud, Mezbah Doa Pagi, dan Live Streaming yang diadakan oleh gereja kita. Maka, roh kita akan terus dibangun dan level kekudusan kita pun akan semakin bertumbuh sehingga hidup kita semakin berkenan kepada-Nya. Haleluya!

RENUNGAN
Tuhan mau level KEKUDUSAN kita BERTUMBUH di dalam Dia.

APLIKASI
1. Menurut Anda, sejauh mana level kekudusan Anda menentukan tingkat kepenuhan Roh Kudus yang akan Anda alami di tahun ini?
2. Adakah hal-hal yang selama ini masih sulit Anda bereskan yang menghalangi Anda untuk next level dalam hal kekudusan?
3. Tuliskan komitmen Anda untuk terus membangun manusia roh Anda sehingga Anda semakin bertumbuh dalam level kekudusan!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih atas Roh-Mu yang kudus yang Engkau curahkan di tengah-tengah kami. Kami percaya, lebih dari kerinduan kami akan Roh-Mu, Engkau jauh lebih rindu untuk memenuhi hidup kami. Mampukan kami supaya kami terus bertumbuh dalam kekudusan, ya Tuhan, supaya Roh-Mu yang kudus memiliki ruang yang seluas-luasnya dalam hati kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”