BERJALAN MENGIKUTI RHEMA YANG DARI TUHAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 103-104
1 Korintus 2

RHEMA HARI INI
Mazmur 25:4 Beritahukanlah jalan-jalan-Mu kepadaku, ya TUHAN, tunjukkanlah itu kepadaku.

Bagi Mika yang selalu berusaha hidup seturut firman Tuhan, ia tahu betul adalah tidak adanya batasan berapa kali ia harus mengampuni (Mat. 18:21-22). Namun ada satu hal yang menjadi pertanyaan tak terjawab baginya, yaitu bagaimana jika orang tersebut terus-menerus mengulang kesalahan yang sama dan tidak ada niatan untuk berubah? Bukankah pengampunan itu akan menjadi tidak berarti dan justru membuat dirinya sendiri makan hati? Atau yang lebih parah, orang yang ia ampuni jadi menganggap enteng dosa. Mika yang sedang merasa sangat marah pada Toni, suaminya pun bertambah pusing dan gerah. Berbagai pikiran yang saling bertentangan antara firman Tuhan dan emosinya, bergelut seru dalam kepalanya.

Dalam kegelisahannya, Mika berseru kepada Tuhan agar menunjukkan jalan. Ia tak ingin membuat keputusan yang keliru dan berakhir dengan penyesalan. Roh Kudus tiba-tiba membawa ingatan Mika pada kisah Yesus yang menyuruh Simon untuk menebarkan jalanya kembali, di tempat ia bekerja keras sepanjang malam tetapi tak mendapat tangkapan ikan seekor pun (Luk. 5:1-8). Mika terkejut karena tadinya ia pun sudah berpikir untuk tidak mau lagi menabur kasih kepada Toni, sebab semua usahanya terasa sia-sia saja. Seperti Simon, yang walaupun merasa permintaan Tuhan itu akan percuma, tetapi tetap taat, maka Mika pun memutuskan untuk taat. Mika percaya bahwa ini adalah rhema yang Tuhan berikan untuk memulihkan pernikahannya yang sudah di ambang kehancuran.

Sering kali hidup memperhadapkan kita pada persoalan atau pilihan yang sulit. Secara umum, firman Tuhan memang selalu menjadi petunjuk yang 100% benar, tetapi untuk menghadapi situasi tertentu, kita butuh RHEMA, yaitu petunjuk Tuhan yang lebih spesifik. Berita baiknya, Tuhan LEBIH DARI bersedia untuk memberikan rhema-Nya kepada kita yang berseru kepada-Nya. Kita hanya perlu datang pada Tuhan, berdoa dan meminta petunjuk-Nya, maka Tuhan akan memberikan rhema yang memang spesial dan tepat sesuai dengan kebutuhan kita, sehingga kita akan mampu membuat keputusan yang bijaksana dan mendatangkan damai sejahtera. (PF)

RENUNGAN
KEPUTUSAN mengikuti RHEMA adalah keputusan yang kita ambil sesuai
dengan PETUNJUK TUHAN secara SPESIFIK.

APLIKASI
1. Apa yang lebih sering menjadi dasar pengambilan keputusan Anda selama ini?
2. Pernahkah Anda mendapat rhema dari Tuhan dan mengambil keputusan berdasarkan rhema tersebut? Apa hasil yang Anda dapatkan?
3. Bagaimana cara Anda untuk mendapatkan rhema dari Tuhan? Ceritakan!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, Allah kami yang setia, Engkau tidak pernah menolak kami yang datang meminta petunjuk-Mu. Dengan murah hati Engkau menunjukkan jalan-jalan-Mu dan dengan sabar memberi kami pengertian sehingga kami dapat menangkap kehendak-Mu. Terima kasih Tuhan, kami sangat mengasihi-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”