ANUGERAH DALAM MENABUR SECARA RADIKAL (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 33-34
Kisah Para Rasul 24

RHEMA HARI INI
Filipi 4:19 Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.

Pada tahun 1892, seorang mahasiswa yatim piatu di Stanford University berjuang untuk membayar biaya kuliahnya. Ia dan temannya memutuskan untuk mengadakan konser musik di kampus dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Mereka berhasil mengontak pianis terkenal, Ignasy Paderewski dan sepakat untuk membayar sebesar $2.000. Namun, karena penjualan tiket tidak seperti yang mereka harapkan, sehingga mereka menyerahkan seluruh hasil penjualan tiket sebesar $1.600 dan sebuah cek dengan nominal $400 kepada Paderewski. Menyadari kesulitan mereka, Paderewski menolaknya dan hanya mengambil sedikit uang sisa dari pengeluaran mereka dan kebutuhan kuliah kedua mahasiswa itu.

Beberapa tahun kemudian, tahun 1919, Paderewski terpilih menjadi perdana menteri Polandia. Sayangnya saat ia memerintah, lebih dari 1,5 juta rakyat Polandia menderita kelaparan akibat perang. Ia pun akhirnya meminta bantuan dari US Food and Relief Administration yang dipimpin Herbert Hoover. Permintaannya pun disetujui Hoover dan segera mengirimkan berton-ton gandum untuk rakyat Polandia. Paderewski pun mengucapkan terima kasih kepada Hoover, tetapi dengan cepat Hoover menyela, “Anda tidak perlu berlebihan, Perdana Menteri. Anda mungkin tidak mengingat, beberapa tahun lalu, Anda sudah menolong dua mahasiswa muda menyelesaikan kuliahnya di Amerika. Saya salah satunya.”

Paderewski menuai sebuah tuaian yang tidak biasa, karena ia telah menabur kebaikan secara radikal kepada dua mahasiswa. Ya, hukum tabur tuai tidak pernah gagal. Jemaat di Filipi sudah membuktikan itu. Oleh karena itu, Rasul Paulus mengatakan, “Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.” Ini adalah kesempatan bagi kita untuk belajar seperti Paderewski, melakukan apa yang terbaik yang bisa kita perbuat, karena Tuhan sudah menyediakan tuaian yang jauh lebih baik lagi bagi kita. Saat kita berani menabur secara radikal, bukan hanya berkat materi yang berlimpah, Tuhan pun akan mencurahkan anugerah untuk tuaian yang tidak biasa dan berkat semua musim atas kita. Baik itu berkat jasmani maupun rohani, sehingga hidup kita akan semakin memancarkan kemuliaan Tuhan.

RENUNGAN
Anugerah untuk MENABUR SECARA RADIKAL, akan selalu diikuti dengan anugerah untuk MENUAI TUAIAN YANG TIDAK BIASA!

APLIKASI
1. Percayakah Anda bahwa kita akan menuai tuaian yang tidak biasa ketika kita menabur secara radikal? Mengapa demikian?
2. Sudahkah Anda menabur secara radikal? Ceritakan!
3. Mengapa penting bagi Anda untuk menabur secara radikal? Bagaimana Anda dapat melakukannya?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami mengucap syukur atas firman-Mu hari ini. Kami percaya bahwa hukum tabur tuai itu pasti. Ajar kami agar memiliki hati yang rela dalam menabur secara radikal, sehingga hidup kami senantiasa dapat menjadi berkat dimanapun kami berada. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”