PERHATIAN YANG TULUS KEPADA ORANGTUA [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yehezkiel 14-15
Yakobus 2

BACAAN HARI INI
Amsal 15:12-21

RHEMA HARI INI
Amsal 15:20 Anak yang bijak menggembirakan ayahnya, tetapi orang yang bebal menghina ibunya.

Pada suatu hari, ada seorang pemuda yang berniat membuang ibunya ke hutan. Si Ibu sudah lumpuh dan agak pikun. Selagi dibopong di punggung anaknya, ibu yang tak berdaya ini berusaha menggapai setiap ranting pohon yang bisa diraihnya. Lalu ia mematahkan dan menaburkannya di sepanjang jalan yang mereka lalui. Sampai di dalam hutan, si anak menurunkan Ibu tersebut dan mengucapkan kata perpisahan. Si ibu tersenyum tegar dan berkata, “Anakku, Ibu sangat menyayangimu. Bahkan hari ini, rasa sayangku tidak berkurang sedikit pun. Tadi Ibu sudah menandai sepanjang jalan yang kita lalui dengan ranting-ranting kayu. Ibu takut kau tersesat. Ikutilah tanda itu, agar kau selamat sampai di rumah.” Setelah mendengar kata-kata tersebut, si anak menangis dengan keras.

Mungkin ada momen-momen dalam hidup ini, kita membandingkan orangtua kita dengan orangtua teman kita. “Seandainya saja papaku seperti papanya, pasti aku akan lebih bahagia.” Atau, “Seandainya mamaku sebaik dia, alangkah indahnya hidup ini.” Ada ketidakpuasan, dan mungkin penyesalan, yang menyeruak dari dalam hati kita berkenaan dengan tidak sempurnanya hidup ini sebagai akibat perbuatan ataupun keadaan orangtua kita. Namun, Tuhan memerintahkan kepada kita untuk selalu menghormati orangtua kita, apapun kondisi mereka.

Tuhanlah yang menetapkan mereka sebagai Ayah dan Ibu kita. Tuhan tidak pernah salah. Salah satu bentuk anak menghormati orangtuanya adalah dengan memberikan perhatian yang tulus. Hari ini, besok, dan di waktu-waktu selanjutnya … selagi masih ada waktu, mari kita memberi perhatian penuh dan berkomitmen untuk merawat orangtua kita saat nanti mereka berusia lanjut. Bukan karena janji berkatnya, tetapi karena kita taat kepada Tuhan dan belajar mengasihi mereka setulus hati. Terus minta hikmat Roh Kudus dan libatkan Tuhan untuk bisa mengingatkan dan menguatkan kita untuk dapat terus mengasihi orangtua kita, sehingga hubungan kita yang semula buruk dengan orangtua kita pun dapat dipulihkan dan kita dapat merebut kembali kebahagiaan keluarga kita.

RENUNGAN
Salah satu bentuk anak MENGHORMATI ORANGTUA adalah dengan memberikan PERHATIAN yang TULUS.

APLIKASI
1. Menurut Anda, mengapa kita perlu menghormati kedua orangtua kita?
2. Sudahkah Anda menghormati dan memberikan perhatian yang tulus kepada orangtua Anda?
3. Renungkanlah, apa yang kiranya dapat Anda lakukan sebagai wujud perhatian tulus kepada orangtua?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus yang baik, terima kasih untuk keluarga tenpat Engkau menaruh kami. Ampuni kami jikalau selama ini kami sering mengecewakan orangtua kami. Ajar kami untuk dapat menjadi anak yang senantiasa menghormati orangtua kami dan memberikan perhatian yang tulus kepada mereka. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”