PETUNJUK TUHAN SEBAGAI PEDOMAN HIDUP (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 105-106
1 Korintus 3

RHEMA HARI INI
Mazmur 86:11 Tunjukkanlah kepadaku jalan-Mu, ya TUHAN, supaya aku hidup menurut kebenaran-Mu; bulatkanlah hatiku untuk takut akan nama-Mu.

Sore itu Nindya merenung di dapur sambil mendengarkan khotbah Bpk. Pdt. Obaja di Radio Elshadday FM. Ia mendengarkan dengan saksama setiap firman yang diberikan, dan bertanya-tanya bagaimana caranya untuk membesarkan usaha kuliner keluarganya di masa pandemi ini. Nindya sudah berpikir keras selama beberapa waktu, tetapi tidak mendapatkan jawaban. Selama mendengarkan khotbah, ia pun berdoa dan berseru kepada Tuhan. Lalu tiba-tiba, Roh Kudus menggerakannya untuk mencatat semua yang ia butuhkan dan mendoakannya. Ia percaya, Tuhan akan menyediakan semua kebutuhan bisnisnya tepat pada waktunya. Benar saja, Tuhan selalu menuntun Nindya dalam memasak menu baru, bahkan menu itu menjadi top selling di usahanya.

Nindya adalah seorang wanita biasa, tetapi menjadi luar biasa karena ia meletakkan petunjuk Tuhan sebagai pedoman dalam setiap langkah hidupnya. Hal ini seturut dengan yang tertulis pada Mazmur 86:11, bahwa petunjuk Tuhan adalah yang terutama dalam setiap pengambilan keputusan. Mungkin saat Tuhan memberikan petunjuk-Nya, hal tersebut tak selalu mudah bagi kita karena tak sesuai dengan keinginan hati ataupun logika kita. Itu sebabnya, pemazmur meminta kepada Tuhan agar hatinya dibulatkan untuk dapat hidup dalam kebenaran-Nya.

Ya, kita perlu menyadari, ketika hati kita fokus kepada Tuhan, kita akan selalu hidup dalam kebenaran-Nya dan terus dalam tuntunan-Nya. Saat kita diperhadapkan pada berbagai pilihan atau bahkan tidak tahu harus berbuat apa, adalah bijak untuk meletakkan petunjuk Tuhan sebagai yang terutama atas pengambilan keputusan dalam hidup kita. Hal ini supaya bukan keinginan kita yang muncul, tetapi semata-mata keinginan Tuhanlah yang kita dahulukan. Sebab pada akhirnya, petunjuk Tuhanlah yang membuat kita hidup sesuai dengan rencana Allah yang terbaik bagi kita. Dengan taat dan setia, kita pun akan masuk dalam perjanjian damai-Nya dan hidup dalam berkat serta anugerah-Nya yang luar biasa atas kita.

RENUNGAN
Biasakan diri untuk mencari PETUNJUK TUHAN sebelum MENGAMBIL KEPUTUSAN.

APLIKASI
1. Apakah Anda pernah bingung dalam mengambil keputusan? Langkah pertama apa yang Anda lalukan?
2. Apa yang Anda lalukan dalam mencari petunjuk Tuhan?
3. Apa yang perlu kita lalukan agar petunjuk Tuhan diperoleh dengan hati yang legawa?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, terima kasih atas banyak hal yang membuat kami lebih peka dan taat akan petunjuk firman-Mu. Sebab kami percaya, saat kami meletakkan Engkau sebagai pedoman pengambil keputusan, berkat-Mu akan terus Engkau berikan. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”