TUHAN MENETAPKAN KITA UNTUK MENGHASILKAN BUAH (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yosua 10-12
Lukas 1:39-56

BACAAN HARI INI
Yohanes 15:9-19

RHEMA HARI INI
Yohanes 15:16 Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu

Pohon mangga akan dikatakan tumbuh baik apabila menghasilkan buah. Tak peduli sebesar dan serimbun apa pun pohonnya, kalau yang namanya pohon mangga tidak menghasilkan buah, pohon itu belum bisa dikatakan berhasil ditanam. Apa yang bisa menyebabkan pohon tidak berbuah? Ada banyak kemungkinan. Tanah yang kurang subur, kurang pupuk, kurang air, atau mungkin pula karena terlalu basah sehingga akarnya busuk. Berbagai jenis hama juga bisa membuat pohon menjadi tidak subur dan pada akhirnya mati kalau tidak segera ditangani.

Jika pohon mangga tugasnya untuk menghasilkan buah mangga yang manis. Lalu, bagaimana dengan kita? Ada banyak dari kita yang belum menyadari apa yang menjadi tujuan hidup kita. Kita hanya menjalani sekenanya saja tanpa melakukan sesuatu yang berarti. Dalam bekerja, kita hanya sibuk berhitung untung rugi tanpa mau mengerti terlebih dahulu apa sebenarnya panggilan atau tugas kita dalam hidup. Tidak jarang pula dosa-dosa terus menyerang seperti hama yang menyerang berbagai bagian pohon. Sering kali kita tidak menyadari bahwa kita sedang diserang dosa yang akibatnya bisa mematikan. Sama seperti pohon yang bermasalah, kita pun lama-lama akan kering, tidak lagi menghasilkan buah lalu binasa sia-sia.

Menghasilkan buah bukan hanya penting bagi sebuah pohon, tetapi Alkitab jelas berkata bahwa hidup kita pun perlu menghasilkan buah. Bahkan rhema hari ini pun dengan jelas mengatakan bahwa Tuhan menetapkan kita untuk menghasilkan buah yang tetap. Dalam hal ini, buah yang diharapkan adalah jiwa-jiwa. Menghasilkan buah jiwa-jiwa ini bukan hanya sebuah pilihan atau jika kita suka saja, tetapi menghasilkan buah jiwa-jiwa adalah sebuah ketetapan. Oleh karena itu, bangkitlah dan tangkap rhema kegerakan apostolik akhir zaman dan jadilah penjala jiwa, maka kita akan melihat kemuliaan Tuhan dinyatakan melalui hidup kita.

RENUNGAN
Tuhan menetapkan kita untuk menghasilkan BUAH YANG TETAP.

APLIKASI
1. Menurut Anda, untuk tujuan apakah Tuhan menetapkan agar kita menghasilkan buah?
2. Sudahkah hidup Anda selama ini menghasilkan buah? Mengapa demikian?
3. Komitmen apa yang Anda ambil untuk mengaplikasikan renungan hari ini dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus yang baik, terima kasih untuk kesempatan yang Kau berikan bagi kami agar hidup kami dapat berguna bagi Kerajaan-Mu. Kami rindu hidup kami dapat menghasilkan buah jiwa-jiwa, sehingga Kerajaan-Mu semakin luas dan nama-Mu semakin ditinggikan. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”