MELANGKAH KELUAR DARI MENTALITAS BELALANG [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Keluaran 1-3
Matius 14:1-21

BACAAN HARI INI
2 Timotius 1:1-10

RHEMA HARI INI
2 Timotius 1:7 Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.

Di suatu tempat bernama Calatonia, berbagai jenis binatang hidup layaknya manusia. Kota itu dihebohkan dengan sebuah kompetisi menyanyi berhadiah US$100,000. Semua binatang pun bersemangat mengikuti audisi. Salah satunya Meena, gajah remaja pemalu yang gemar menyanyi. Namun, meski besar tubuhnya melebihi para peserta lainnya, nyalinya sekecil belalang. Ia langsung terserang demam panggung dan gagal lolos audisi pertama. Sangat disayangkan, sebab sesungguhnya ia memiliki suara emas. Bukannya memperdengarkan suara indahnya di hadapan khalayak, ia malah diserahi tugas di belakang panggung. Suatu hari, bakatnya ketahuan oleh pemilik teater yang tak sengaja mendengarkannya bernyanyi dan ia pun mendapatkan kesempatan baru.

Di malam pertunjukan, sekali lagi Meena tak dapat menguasai dirinya. Ia gemetaran di pojokan gelap. Hanya karena bujukan pemilik teater, Meena mulai berjalan ke atas panggung. Si pemilik teater berpesan, “Ingatlah yang kukatakan ini, kau tidak akan takut lagi kalau kau mulai bernyanyi.” Benar saja, begitu Meena mulai bernyanyi, keberanian mulai bangkit di dadanya. Ia pun bernyanyi semakin lepas dan lantang, bahkan ia menari dengan semangat. Sekejap Meena bertransformasi dari remaja canggung menjadi bintang panggung.

Seberapa sering kita terjebak dalam mentalitas belalang? Banyaknya dosa dan kesalahan yang kita lakukan, bahkan yang ada di masa lalu pun, kerap dimanfaatkan iblis untuk mengintimidasi kita. Lalu kita merasa tidak layak untuk diberkati besar atau dipakai Tuhan untuk melakukan perkara-perkara besar. Tanpa kita sadari, kita mengizinkan musuh untuk menebarkan jaring-jaring ketakutan yang melumpuhkan kita. Namun, sadarilah, Tuhan sudah mengampuni kita dari segala kesalahan kita, dan pengampunan-Nya bukan hanya menjamin keselamatan kita, tetapi juga mengembalikan hidup kita dalam kasih karunia-Nya. Mulailah melangkah dan rasakan hembusan angin profetik Roh Kudus yang meniup pergi segala keraguan dan membangkitkan iman. Saat ketakutan sirna, kita pun semakin bersinar bagi kemuliaan Tuhan. (MV.L)

RENUNGAN
Jangan sampai kita mempunyai MENTALITAS BELALANG yang membuat kita MERASA BEGITU KECIL dan TIDAK BISA APA-APA.

APLIKASI
1. Hal-hal apa saja yang membuat Anda berkecil hati dalam menghadapi tantangan dan rintangan hidup?
2. Apa yang terjadi ketika mentalitas belalang menguasai Anda?
3. Bagaimana Anda akan mengatasi mentalitas belalang yang menghalangi Anda dari kehendak Tuhan di hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, ampuni kami yang kerap membiarkan mentalitas belalang menghinggapi dan bahkan menguasai hati kami. Hari ini, kami mau belajar melangkah keluar dari hal-hal yang menghalangi kami untuk melakukan apa yang Engkau taruh dalam hati kami. Bimbing kami, Tuhan, dan alirkan kekuatan-Mu dalam hati kami, agar kami memperoleh keberanian dari-Mu dan bersinar terang bagi kemuliaan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”