PENJAMIN KEBERHASILAN HIDUP KITA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yehezkiel 16-17
Yakobus 3

RHEMA HARI INI
Mazmur 121:1-2 Nyanyian ziarah. Aku melayangkan mataku ke gunung-gunung; dari manakah akan datang pertolonganku? Pertolonganku ialah dari TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi.

Ayat rhema hari ini ditulis oleh raja Daud yang terkenal memiliki hubungan yang sangat intim dengan Tuhan. Dari semenjak Samuel mengurapi Daud menjadi raja atas Israel menggantikan Saul, Daud selalu mengikutsertakan Tuhan dalam segala rencananya. Seperti saat ketika bangsa Filistin hendak menyerang bangsa Israel, yang Daud lakukan pertama kali adalah bertanya kepada Tuhan apakah ia harus maju menghadapi mereka (2 Sam. 5:19). Padahal kalau dipikir-pikir, peperangan ini bukanlah peperangan pertama Daud. Ia bisa saja menjadi tinggi hati dan merasa bisa dengan kemampuannya sendiri. Namun Daud tetap datang kepada Tuhan dan mengandalkan-Nya, sehingga Tuhan pun memberikan kemenangan kepada Daud (2 Sam. 5:20).

Kemudian di ayat 22 diceritakan bahwa bangsa Filistin tidak terima dengan kekalahan mereka dan hendak menyerang bangsa Israel kembali. Bahkan setelah kemenangan yang baru saja diraihnya pun, Daud tidak menjadi sombong dengan bertindak sesuai keinginannya sendiri. Ia kembali menanyakan kepada Tuhan apa yang harus ia lakukan (2 Sam. 5:23a). Lalu Tuhan memberitahukan langkah demi langkah apa saja yang harus diperbuat Daud dan ia pun melaksanakan apa pun yang diperintahkan Tuhan kepadanya, sehingga bangsa Israel memperoleh kemenangan sekali lagi (2 Sam. 5:23b-25).

Daud menyadari bahwa segala yang ia punya adalah dari Tuhan, termasuk segala kemenangan yang diraihnya. Ia pun mengakui bahwa Tuhan adalah satu-satunya sumber yang bisa menjamin kemenangan baginya. Daud tidak terkalahkan bukan karena kehebatannya semata, tetapi karena ada Pribadi yang kuat di belakangnya. Itulah sebabnya hidup Daud dapat berbuah lebat dan penuh dengan keberhasilan. Berita baiknya adalah, Tuhan yang Daud sembah adalah Tuhan yang sama dengan yang kita sembah. Tuhan yang telah memberikan kemenangan kepada Daud juga dapat memberikan hidup yang berkemenangan kepada kita. Dengan kita menjadikan Tuhan sebagai satu-satunya penyokong dalam hidup kita, maka kita pun juga dapat berbuah lebat.

RENUNGAN
Satu-satunya PENYOKONG yang bisa MENJAMIN KEBERHASILAN kita adalah TUHAN.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda menjadikan Tuhan sebagai satu-satunya penyokong hidup Anda?
2. Menurut Anda, mengapa Anda perlu menjadikan Tuhan sebagai sumber sokongan dalam hidup Anda?
3. Bagaimana dengan menjadikan Tuhan sebagai satu-satunya penyokong dalam hidup kita dapat memampukan kita untuk berbuah lebat? Renungkanlah!

DOA UNTUK HARI INI
“Ya Tuhan, ampunilah kami apabila kami selama ini masih sering kali mengandalkan diri kami sendiri atau orang lain sebagai penyokong hidup kami. Mulai kini, kami mau belajar untuk senantiasa mengandalkan Engkau dalam segala hal, sehingga kami boleh mengalami hidup yang berbuah lebat dan berkemenangan bersama dengan-Mu. Dan kami pun jadi berkat bagi sekeliling kami untuk kemuliaan nama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”