TAKLUKAN KETAKUTAN DAN MILIKI DAMAI (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 107-109
1 Korintus 4

RHEMA HARI INI
Mazmur 23:4 Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.

Alkisah, ada seekor burung yang sangat mahal harganya. Yang menjadi keunggulan burung tersebut adalah kicauan dan bulunya. Ia memiliki kicauan termerdu dan juga memiliki bulu terindah. Karena merupakan burung istimewa, maka oleh si pemilik, burung tersebut diletakkan dalam sebuah sangkar yang istimewa. Jeruji sangkarnya sendiri terbuat dari besi baja berlapis, sehingga tidak akan ada kucing maupun tikus yang bisa merusak bahkan memakan burung tersebut. Karena ia juga memelihara seekor kucing, ia pun membuat sangkar sedemikian rupa agar burung kesayangannya aman.

Suatu hari, saat si pemilik pergi ke luar rumah, si kucing melompat naik ke atas lemari hendak menggapai ke dalam sangkar burung. Si burung yang melihatnya, langsung ketakutan setengah mati. Ia melompat ke sana kemari berusaha untuk menghindari terkaman si kucing. Ia lupa jika si pemilik sudah membuat sangkarnya seaman mungkin dan memastikan ia tidak akan terluka karena terkaman kucingnya. Pada akhirnya, ketakutan dan pikiran-pikiran negatifnya sendiri yang membuat si burung lemas dan menggelepar di dasar sangkar.

Pernahkah Anda mendengar sebuah kutipan yang berbunyi “Tantangan terbesar kita bukanlah apa yang ada di depan mata kita, melainkan apa yang ada di pikiran kita”? Ya, kutipan tersebut cukup menggambarkan apa yang kita alami sehari-hari. Kita bisa saja menertawakan si burung karena kebodohannya, tetapi sadarkah Anda bahwa sebenarnya kita pun terkadang juga sama seperti burung itu? Sering kali saat menghadapi sebuah permasalahan dalam hidup, alih-alih meminta hikmat Tuhan, kita justru malah sibuk panik sendiri. Pikiran kita mulai berkecamuk dengan hal-hal yang negatif yang kita takutkan akan menimpa kita, sehingga malah membuat kita salah dalam melangkah dan mengambil keputusan. Oleh sebab itu, tangkap setiap rhema gereja di bulan ini dan mulai melangkah untuk menaklukkan ketakutan kita, maka perjanjian damai itu akan sungguh tergenapi dalam hidup kita.

RENUNGAN
Kita harus bisa MENAKLUKKAN KETAKUTAN kita jika ingin MEMILIKI DAMAI.

APLIKASI
1. Menurut Anda, apakah yang selama ini menjadi ketakutan Anda? Renungkan!
2. Bagaimana sikap Anda selama ini dalam menghadapi dan melawan ketakutan Anda?
3. Menurut Anda, apakah yang seringkali menjadi penghalang bagi Anda dalam menaklukkan ketakutan Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, kami tahu dan percaya bahwa Engkau tidak memberikan kepada kami roh ketakutan melainkan roh yang membawa damai. Ajar kami untuk dapat melawan segala ketakutan yang ada dalam pikiran kami dan menaklukkannya di bawah kaki-Mu, dengan terus-menerus memperkatakan firman Allah yang hidup. Sehingga damai sejahtera yang melampaui akal dapat bertakhta dalam hati kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”