SELAMATKAN JIWA BERAPA PUN HARGANYA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yosua 13-15
Lukas 1: 57-80

BACAAN HARI INI
Filipi 2:5-21

RHEMA HARI INI
Filipi 2:17 Tetapi sekalipun darahku dicurahkan pada korban dan ibadah imanmu, aku bersukacita dan aku bersukacita dengan kamu sekalian.

Hari-hari ini ketika manusia semakin memikirkan kepentingan dan urusannya masing-masing, menyelamatkan jiwa mungkin menimbulkan tanggapan yang sinis dan skeptis. Menyelamatkan kehidupan kita dan keluarga kita sendiri saja sudah setengah mati, kenapa pula kita harus memikirkan keselamatan orang lain? Ya, hari-hari ini kecenderungan manusia untuk mencari kepentingannya sendiri dan bukan kepentingan Kristus Yesus, adalah sebuah kenyataan yang harus kita hadapi (ay.21).

Namun, sebagai orang percaya yang telah menerima keselamatan dari Tuhan dan telah bersungguh hati kepada-Nya, kita mempunyai suatu benih kobaran api di hati kita masing-masing. Sadar atau tidak sadar, hati kita akan tergerak ketika mendengar cerita atau melihat kehidupan mereka yang belum mengenal Tuhan. Ada dorongan dalam hati kita untuk mengabarkan Injil sukacita, untuk bersaksi bagaimana hebatnya karya Tuhan dalam hidup kita dan untuk menunjukkan bahwa terang pengharapan itu ada. Kita ingin sekali menunjukkan dan membawa mereka ke sana. Tinggal bagaimana kita akan menindaklanjuti dorongan tersebut, mau kita kobarkan api penginjilan, atau malah kita padamkan karena kita tidak berani atau bingung bagaimana caranya.

Sebenarnya, kita hanya perlu memiliki hati yang penuh belas kasihan kepada jiwa-jiwa yang terhilang. Dengan demikian, kita akan rela berusaha, rela membayar berapa pun harganya untuk menyelamatkan mereka. Bukan hanya dengan harta. Rasul Paulus bahkan berkata, sekalipun darahnya dicurahkan, ia akan tetap bersukacita oleh karena jiwa yang diselamatkan. Kita mungkin perlu berkorban perasaan, korban waktu, mengorbankan kenyamanan, dan waktu makan atau istirahat kita, untuk satu jiwa menerima keselamatan dari Tuhan. Namun ingatlah bahwa tidak ada satu pun perkerjaan yang sia-sia dalam Tuhan. Satu jiwa yang kita selamatkan, akan membuat segala susah payah yang kita alami, hilang sirna berganti sukacita yang luar biasa. Hal itu memberi bahan bakar istimewa untuk api apostolik dalam jiwa kita, sehingga makin berkobar dan menyala-nyala untuk menjadi penjala jiwa yang produktif bagi Kerajaan Sorga. (PF)

RENUNGAN
Bangkitlah SELAMATKAN JIWA berapa pun harganya.

APLIKASI
1. Bagaimana Anda memandang keselamatan yang telah Anda terima?
2. Dorongan apa yang Anda rasakan terhadap jiwa-jiwa yang terhilang?
3. Coba pikirkan, apa yang dapat Anda lakukan untuk menjangkau mereka dan melangkahlah dengan bersegera?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami tak henti-hentinya mengucap syukur atas anugerah keselamatan yang telah Kau berikan pada kami. Kami rindu keluarga, teman-teman, dan kenalan kami juga mengenal Engkau secara pribadi serta menerima Engkau sebagai Tuhan dan Juruselamat. Urapi kami Tuhan, pakailah kami untuk menjadi penjala jiwa bagi kemuliaan-Mu. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”