BERKAT TERSEMBUNYI DI BALIK BENCANA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Bilangan 1-2
Markus 3:1-19

BACAAN HARI INI
Mikha 2:10-13

RHEMA HARI INI
Mikha 2:13 Penerobos akan maju di depan mereka; mereka akan menerobos dan berjalan melewati pintu gerbang dan akan keluar dari situ. Raja mereka akan berjalan terus di depan mereka, TUHAN sendiri di kepala barisan mereka!

Berabad-abad silam, cacar merupakan penyakit yang sangat mematikan. Pasalnya, penyakit ini telah membunuh jutaan orang. Berbagai cara telah dicoba untuk menyembuhkan penyakit ini, tetapi tidak membuahkan hasil seperti yang diharapkan. Suatu hari, seorang calon dokter Inggris bernama Edward Jenner menemukan fakta bahwa sangat jarang ada pemerah susu sapi yang terkena cacar. Tampaknya hal ini ada kaitannya dengan kedekatan para pemerah susu sapi itu dengan cacar sapi yang dialami ternak-ternaknya. Kemudian ia mengambil cairan dari cacar sapi itu untuk diteliti dan dibuatkan formula. Singkat cerita, ia pun mencoba menyuntikkan formula itu kepada seorang anak. Anak itu pun terkena cacar sapi, tetapi segera sembuh. Lalu saat materi cacar air disuntikkan kepadanya, tidak ada tanda-tanda sakit apa pun muncul pada tubuh anak itu.

Itulah vaksin pertama yang dikenal dunia yang ditemukan pada tahun 1796. Keberhasilan vaksin cacar ternyata memicu para ilmuwan di seluruh dunia untuk mengembangkan serangkaian formula baru untuk memerangi berbagai penyakit mematikan seperti polio, tetanus, batuk rejan, dan masih banyak lagi lainnya. Sampai kini, ada ratusan bahkan ribuan vaksin yang terus ditemukan.

Apabila tidak ada penyakit cacar yang merenggut nyawa jutaan orang, tentu saja Edward Jenner tidak akan meneliti, sehingga vaksin cacar sebagai vaksin pertama di dunia pun tidak akan ditemukan. Sesungguhnya, hal itu adalah sebuah pola yang sangat sering kita lihat. Ketika ada kesusahan besar, sering kalinya diikuti oleh solusi yang lebih besar juga. Sama seperti yang pernah Ps. Nita Setiawan khotbahkan bahwa bahan mujizat adalah masalah, tidak akan ada mujizat besar tanpa masalah besar. Demikian juga dengan saat ini. Mari kita tangkap dan imani bahwa setelah masa kesusahan besar ini, akan ada hal-hal yang lebih besar dan lebih cepat juga yang akan Tuhan kerjakan, sehingga pelangi kemuliaan-Nya pun semakin dinyatakan di tengah-tengah kita.

RENUNGAN
Setelah bencana, akan terjadi LEDAKAN KEMAJUAN dan TEROBOSAN yang luar biasa.

APLIKASI
1. Kesusahan besar apakah yang tengah Anda alami saat ini?
2. Menurut Anda, mengapa Tuhan mengizinkan kesusahan besar terjadi?
3. Apakah yang dapat Anda lakukan untuk bangkit dalam iman dan percaya bahwa akan ada hal-hal yang lebih besar dan lebih cepat yang Tuhan kerjakan setelah semua ini?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, kami mau mengubah cara pandang kami. Kami tidak mau lagi melihat kesusahan besar ini sebagai sesuatu yang menghimpit kami, melainkan sebagai bahan dasar dari perkara-perkara besar yang akan Engkau kerjakan di tengah-tengah kami. Karena kami percaya bahwa Allah yang kami sembah adalah Allah yang jauh lebih besar dari segala kesusahan yang ada. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”