PERTOBATAN YANG MEMULIHKAN HIDUP KITA [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Keluaran 4-6
Matius 14:22-36

BACAAN HARI INI
Yoel 2:18-27

RHEMA HARI INI
Yoel 2:25 Aku akan memulihkan kepadamu tahun-tahun yang hasilnya dimakan habis oleh belalang pindahan, belalang pelompat, belalang pelahap dan belalang pengerip, tentara-Ku yang besar yang Kukirim ke antara kamu.

Hidup dari apa kata orang, itulah pribadi Lila pada masa mudanya. Minder, tidak percaya diri acapkali dirasakan Lila ketika berkumpul dengan teman-temannya. Sehingga ia sering memilih menghindar ikut kegiatan-kegiatan di sekolah karena merasa tidak masuk ‘kelasnya’. Ia selalu merasa takut dan kuatir akan penilaian orang terhadap dirinya. Ia takut orang akan menilai dari paras wajah, latar belakang keluarga, dan juga dari kemampuan ekonominya. Bertahun-tahun, Lila hidup dalam bayang-bayang apa kata orang terhadapnya.

Hingga suatu kali, Lila bertemu dengan teman baru di gerejanya yang mengajak pelayanan bersama. Lila pun menerima ajakannya dan mulai ikut dalam pelayanan. Di situlah ia mulai menemukan gambar dirinya yang ternyata rusak selama ini. Lila memohon ampun kepada Tuhan karena selama ini terkadang seolah menyalahkan Tuhan dengan mempertanyakan, “Mengapa aku seperti ini?” Semenjak itu, ia mulai tidak memikirkan apa kata orang, tetapi ia lebih mengutamakan apa kata Tuhan. Ia bisa mulai mengubah pikiran-pikiran negatif yang sering menghantui hatinya selama ini. Lila bertobat dan hidupnya kini dipulihkan, menjadi percaya diri dan selalu berpikir positif.

Kita mungkin juga pernah merasakan apa yang dialami Lila. Kita terlalu terlena dengan pikiran dan perasaan kita. Kita melihat keadaan dunia dengan kacamata kita, dunia yang dipenuhi kekhawatiran, kegelapan, dan ketakutan, sehingga kita pun terbawa ke dalamnya lalu dipenuhi pikiran negatif. Atau mungkin kita mengalami masalah-masalah kecil yang datang bertubi-tubi dan kita menyalahkan Tuhan. Tanpa sadar, itu semua membuat kita terjatuh ke dalam dosa. Namun, hari ini Tuhan mengingatkan kita untuk segera bertobat. Saat kita melangkah melakukan pertobatan, angin profetik Roh Kudus akan memporak-porandakan masalah kita. Tahun-tahun yang sempat kacau balau dan penuh masalah akan diubah Tuhan menjadi tahun kemuliaan yang dahsyat. Oleh karena itu, miliki gaya hidup pertobatan yang nyata, maka angin yang membawa pemulihan akan datang dan menyingkirkan semua hal negatif dalam hidup kita. (LEW)

RENUNGAN
Pertobatan yang nyata MEMULIHKAN dan MENYINGKIRKAN semua HAL NEGATIF dari hidup kita.

APLIKASI
1. Apakah Anda sudah menyingkirkan semua hal negatif dalam hidup Anda? Jika sudah atau belum, mengapa?
2. Langkah nyata seperti apa yang Anda lakukan ketika Anda bertobat?
3. Apa yang terjadi setelah Anda melakukan pertobatan yang nyata dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami mau berbalik dari jalan-jalan kami yang jahat, yang tidak sesuai dengan firman-Mu. Kami percaya ketika kami sungguh-sungguh bertobat, Engkau akan memulihkan semua hal negatif dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”