MEMILIKI HATI YANG MURNI DI HADAPAN TUHAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Ayub 1-2
Kisah Para Rasul 7:22-43

RHEMA HARI INI
Mazmur 26:3 Sebab mataku tertuju pada kasih setia-Mu, dan aku hidup dalam kebenaran-Mu.

Keluarga yang harmonis, menjadi saluran berkat bagi banyak orang, sehat jasmani dan rohani, itulah sebagian besar jawaban orang ketika ditanya apa “Tanah Perjanjian” yang ingin mereka raih di tahun yang baru ini. Namun kenyataannya, dalam perjalanan menuju ke sana, sering kali kita harus berperang melawan “raksasa-raksasa” yang mendudukinya. Raksasa-raksasa itu bisa berupa kepahitan hati, ketidakpercayaan, kekecewaan, atau ketakutan. Hal-hal inilah yang biasanya membuat orang jatuh terpuruk dan gagal meraih janji Tuhan atas hidupnya.

Mari kita belajar dari Yosua dan Kaleb yang disebut dalam Alkitab memiliki “roh yang berbeda” dari ke-10 pengintai lainnya. “Jika Tuhan berkenan kepada kita, maka Ia akan membawa kita masuk ke negeri itu” (Bil. 14:8). Ya, kalimat itulah yang menandakan ke mana hati mereka 100% tertuju. Saat yang lainnya fokus membandingkan betapa besar raksasa yang akan mereka hadapi dengan betapa lemahnya diri mereka yang mereka sebut sendiri seperti belalang, Yosua dan Kaleb bisa melihat Tuhan terlebih besar dan berkuasa dari semuanya itu. Akibatnya, dari seluruh bangsa Israel generasi tersebut, hanya tersisa Yosua dan Kaleb yang berhasil masuk ke Tanah Perjanjian.

Di tahun Roh Kudus ini, mari kita setel ulang fokus hati kita. Arahkan hati kita sepenuhnya tertuju pada kasih setia dan kebenaran Tuhan. Karena hanya dengan cara demikian, kita dapat memiliki iman untuk mengalahkan setiap serangan si jahat yang senantiasa menghalangi kita masuk dalam penggenapan rencana Tuhan atas hidup kita. Perbanyak porsi perenungan firman Tuhan, bangun Pondok Daud lebih lagi, naik ke Loteng Atas, dan lebih intim lagi dengan Tuhan. Singkirkan segala sesuatu yang tidak berkenan di hadapan Allah dari hati kita dan penuhi diri kita dengan kekudusan, maka percayalah, kita akan mengalami karya Roh Kudus dengan level yang belum pernah kita alami sebelumnya!

RENUNGAN
Hati yang MURNI adalah hati yang 100% TERTUJU hanya kepada Tuhan.

APLIKASI
1. Apakah yang dimaksud dengan hati yang 100% tertuju hanya kepada Tuhan?
2. Mengapa Anda perlu memiliki hati yang sepenuhnya tertuju kepada Tuhan?
3. Bagaimana Anda bisa memiliki hati yang 100% tertuju hanya kepada Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, singkapkan mata hati kami, sehingga kami dapat melihat dan percaya betapa besar pengaharapan, betapa kaya kemuliaan, dan betapa besar kuasa yang terkandung dalam nama Yesus. Sehingga di tahun yang baru ini Roh Kudus dapat berkarya secara dahsyat atas hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”