MENAKLUKKAN KETAKUTAN PADA HAL-HAL YANG TIDAK NYATA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 110-112
1 Korintus 5

RHEMA HARI INI
Mazmur 27:1 Dari Daud. TUHAN adalah terangku dan keselamatanku,
kepada siapakah aku harus takut? TUHAN adalah benteng hidupku, terhadap
siapakah aku harus gemetar?

Hari esok adalah impian, kemarin adalah kenangan, dan hari ini adalah kenyataan. Ungkapan bijak ini mungkin pernah kita dengar atau kita baca, tetapi untuk bisa sungguh-sungguh memahami dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari, tidaklah mudah untuk melakukannya. Sebagai manusia yang dikaruniai akal budi, kita semua memiliki daya imajinasi. Dengan imajinasi ini, manusia bisa mengembangkan sesuatu yang sederhana menjadi lebih bernilai dalam pikirannya. Namun jika imajinasi ini tidak kita kendalikan, kita akan mulai membayangkan hal-hal yang membuat kita takut dan kehilangan damai sejahtera.

Ingatlah bahwa imajinasi adalah sesuatu yang tidak nyata. Kita terkadang stres karena mengambil tanggung jawab untuk hal-hal yang tidak bisa kita kendalikan atau sudah berpikir terlalu jauh mengenai berbagai hal. Padahal, jika secara jujur mau merenungkannya, kebanyakan apa yang kita takutkan, jarang sekali menjadi kenyataan. Adalah suatu pemborosan hati dan energi untuk terlalu khawatir memikirkan hal-hal yang tidak kita ketahui dan belum tentu terjadi, padahal kita bahkan tidak tahu apa yang akan terjadi beberapa menit ke depan.

Hari ini, saat ini, adalah sesuatu yang NYATA. Kita sedang hidup dalamnya dan sedang menjalaninya. Apa yang kita lakukan saat inilah yang akan mempengaruhi masa depan kita. Yang lalu biarlah berlalu, jangan izinkan masa lalu yang sudah tak bisa diubah membuat kita tidak bisa maju dan kekhawatiran akan apa yang ada di depan membuat kita lumpuh. Taklukkan ketakutan kita akan hal-hal yang tidak nyata! Percayalah, kita punya Allah, Benteng Keselamatan kita, yang turut bekerja dalam segala hal untuk mendatangkan kebaikan bagi kita yang mengasihi-Nya. Dengan menyadarinya, maka damai sejahtera Allah akan senantiasa ada dalam hati dan pikiran kita dan kita pun dapat hidup dalam Perjanjian Damai-Nya. (PF)

RENUNGAN
Taklukkan ketakutan bukan hanya pada BAHAYA YANG NYATA, tetapi juga
pada HAL-HAL YANG TIDAK NYATA.

APLIKASI
1. Menurut Anda, apa saja yang termasuk dalam hal-hal yang tidak nyata itu?
2. Pernahkah Anda merasa ketakutan akan hal-hal yang tidak nyata? Dalam hal apakah itu?
3. Mengapa Anda perlu menaklukkan rasa takut pada hal-hal yang tidak nyata dan bagaimana Anda melakukannya?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih telah mengingatkan kami kembali untuk tidak ketakutan akan hal-hal yang tidak nyata dan belum tentu terjadi. Ajarkan kami untuk senantiasa menjaga hati dan pikiran kami, ajarkan kami percaya sepenuhnya bahwa tidak ada sesuatu yang tak berguna dan celaka dalam rancangan-Mu atas hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”